Banjir Sempat Rendam Permukiman di Medan, Warga Ngungsi ke Masjid

Datuk Haris Molana - detikNews
Senin, 23 Agu 2021 12:22 WIB
Ilustrasi Jalan tertutup akibat banjir, pengalihan arus akibat banjir, awas banjir
Ilustrasi Banjir (Andhika/detikcom)
Medan -

Banjir sempat merendam permukiman warga di Kecamatan Medan Johor, Kota Medan. Pemko Medan pun menyiapkan dapur umum untuk warga yang menjadi korban banjir.

"Tadi malam setinggi 80 cm, tapi pagi ini sudah kering," kata Camat Medan Johor, Zulfakhri Ahmadi, saat dimintai konfirmasi, Senin (23/8/2021).

Banjir sempat rendam permukiman di Medan Johor (dok. Istimewa)Banjir sempat merendam permukiman di Medan Johor. (Dok. Istimewa)

Dia mengatakan banjir diakibatkan oleh hujan deras yang melanda sebagian wilayah Medan sejak Minggu (22/8) sore. Menurutnya, parit-parit di wilayah Medan Johor meluap hingga mengenangi permukiman warga.

"Hujan, kan hujan dari jam 5 sore sampai jam 10 malam. Terjadi genangan, yang banjir ini pun kan memang lokasi yang di pinggir parit. Seperti di Eka Rasmi, Karya Bakti, Eka Surya, Eka Warni, terusan parit itulah," ucap Zulfakhri.

Zulfakhri mengatakan warga sedang membersihkan sisa lumpur akibat banjir. Petugas telah menyiapkan dua dapur umum untuk membantu kebutuhan warga terdampak banjir.

Banjir sempat rendam permukiman di Medan Johor (dok. Istimewa)Banjir sempat merendam permukiman di Medan Johor. (Dok. Istimewa)

"Tinggal bersih-bersihkan. Kami buka dapur umum juga, dua," ucap Zulfakhri.

Zulfakhri menyebut ada sejumlah warga yang mengungsi ke masjid. Petugas sempat mengevakuasi warga yang tinggal di bantaran sungai.

"Ada yang ngungsi ke masjid. Yang di pinggir sungai daerah Kwala Bekala," sebut Zulfakhri.

(haf/haf)