Pencuri Spesialis Kompresor AC di Tebet Ditangkap, Kerap Incar Rumah Kosong

Firda Chyntia - detikNews
Selasa, 24 Agu 2021 18:29 WIB
Polsek Tebet menangkap pelaku spesialis pencurian kompresor AC (Firda/detikcom)
Polsek Tebet menangkap pelaku spesialis pencurian kompresor AC. (Firda/detikcom)
Jakarta -

Polisi mengungkap kasus pencurian di rumah kosong yang mengincar kompresor air conditioner (AC) di Tebet, Jaksel. Pelaku AM (45) ditangkap.

"Unit Reskrim Polsek Tebet telah mengamankan satu orang tersangka pelaku pencurian dengan pemberatan yang ternyata setelah diamankan, ternyata adalah kelompok spesialis rumsong dan objek yang dicuri adalah AC outdoor," kata Kapolsek Tebet Kompol Alexander Yurikho kepada wartawan di Polsek Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (24/8/2021).

Alexander mengatakan AM merupakan eksekutor yang mencuri AC outdoor, sedangkan tersangka berinisial A berperan mencari rumah sasaran. A saat ini masih diburu polisi.

AM dan A diketahui telah beroperasi lima kali di sekitar wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat. AM sendiri ditangkap di Menteng, Jakarta Selatan, Sabtu (21/8).

Selain itu, polisi telah mengamankan barang bukti, berupa tas warna cokelat berisi seperangkat alat listrik, antara lain lain analog multimeter, tang, kunci inggris, dan obeng listrik.

Incar Rumah Kosong

Modus pencurian yang dilakukan oleh AM dan kelompoknya adalah menargetkan rumah yang jarang dihuni dengan sistem keamanan yang longgar. Setelah pelaku yakin target sasaran aman, AM sebagai eksekutor mencuri kompresor AC.

"Jadi mereka tidak melihat perkampungan dan perumahan. Jadi sasarannya rumah yang ber-AC. Rumah yang jarang ditinggali dengan sistem keamanan yang tidak ketat dan mereka yakinkan jarang berpenghuni," katanya.

Pelaku menjual hasil pencurian kepada penadah berinisial I. Saat ini I masih diburu polisi.

(mea/mea)