Ini Daftar 13 Calon Anggota BPK RI Hasil Pertimbangan DPD

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 24 Agu 2021 12:35 WIB
Tak seperti biasanya, gedung DPR RI terlihat sepi. Usai belasan anggota dewan terpapar COVID-19 dalam waktu yang cukup bersamaan, gedung itu di disinfeksi dan disterilkan.
Kompleks Senayan (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI telah memberikan hasil pertimbangan calon anggota Badan Pengawas Keuangan (BPK) RI. Hasilnya, dari 16 calon yang terdaftar, DPD meloloskan 13 nama.

Hal itu berdasarkan hasil keputusan yang tertulis dalam surat DPD RI dengan nomor OU.03.01/1989/DPD/VIII/2021 tertanggal 13 Agustus 2021 perihal penyampaian pertimbangan DPD RI dalam pemilihan calon anggota BPK RI periode 2021-2026. Surat itu ditandatangani Ketua DPD La Nyalla Mahmud Mattalitti.

Dalam surat itu, diterangkan bahwa DPD hanya memberikan penilaian terhadap 15 dari 16 nama calon anggota BPK RI yang terdaftar. Sebab, salah satunya telah mengundurkan diri, yakni Mulyadi.

Dari 15 nama itu, DPD kemudian meloloskan 13 nama karena dua di antaranya tidak memenuhi persyaratan formil yang diatur dalam UU Nomor 15 Tahun 2006 huruf j. Adapun kedua nama yang tak lolos itu adalah Nyoman Adhi Suryadnyana dan Harry Zacharias Soeratin.

"Dari hasil uji kelayakan dan kepatutan yang telah dilaksanakan secara khusus DPD RI memberikan catatan sebagai berikut: terdapat dua nama calon anggota BPK (yang diberi bintang) yang tidak memenuhi persyaratan formil sebagaimana yang diatur dalam UU Nomor 15 tahun 2006 pasal 13 huruf j: paling singkat telah dua tahun meninggalkan jabatan sebagai pejabat di lingkungan pengelola keuangan negara," demikian keterangan dalam surat keputusan itu.

Berikut ini 13 nama calon anggota BPK RI hasil pertimbangan DPD RI:

1. La Ode Nusriadi
2. Dori Santosa
3. Dadang Suwarna
4. Blucer Welington Rajagukguk
5. Muhammad Syarkawi Rauf
6. Widiarto
7. Teuku Surya Darma
8. Nelson Humiras Haiomoan
9. Shohibul Imam
10. Kristiawanto
11. Hari Pramudiono
12. Mohammad Komarudin
13. Encang Hermawan

Ketua Komite IV DPR RI Sukiryanto mengatakan pihaknya sudah memberikan hasil pertimbangan itu kepada DPR untuk dilanjutkan ke tahap berikutnya.

"Sudah selesai, hasilnya sudah di bahas dan disahkan di sidang paripurna sekarang sudah di serahkan ke DPR," ujarnya.

Tonton Video: DPR Absen, Sidang Gugatan MAKI soal Hasil Seleksi Anggota BPK Ditunda

[Gambas:Video 20detik]



(eva/tor)