PPKM Level 3, Polisi Klaim Makin Sedikit Mobil Diputar Balik di Gage Sudirman

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Selasa, 24 Agu 2021 12:06 WIB
Wakasatlantas Polres Jakarta Selatan (Jaksel) Kompol Soepar (Adhyasta Dirgantara-detikcom)
Wakasatlantas Polres Jakarta Selatan (Jaksel) Kompol Soepar (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Jakarta -

Status PPKM di DKI Jakarta turun dari level 4 ke level 3 dengan sejumlah pelonggaran. Polisi menyatakan makin sedikit kendaraan mobil yang diputar balik dalam aturan ganjil-genap (gage) di Jalan Jenderal Sudirman karena sudah memaklumi kebijakan tersebut.

"Yang diputarbalikkan yang ganjil sedikit. Kebanyakan masyarakat sudah menyadari, sudah tahu, mulai memaklumi (gage)," ujar Wakasatlantas Polres Jakarta Selatan (Jaksel) Kompol Soepar saat ditemui di lokasi, Selasa (24/8/2021).

Soepar menjelaskan masih ada 1-2 pengendara yang ngotot saat diputar balik. Meski demikian, Soepar menyebut polisi humanis dalam merespons masyarakat.

"Ada masih 1-2 orang. Kita fleksibel, kalau orang sakit, antar vaksin, kita bantu. Yang penting humanis," ucapnya.

Sementara itu, Wakasatgatur Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Eko menegaskan gage masih berlaku di masa PPKM Level 3. Eko mengatakan mobil dengan pelat tidak sesuai di tanggal tertentu bakal diputar balik.

"Dengan adanya sekarang level 3, gage masih diberlakukan. Rata-rata masyarakat Jakarta sudah tahu. Bahwa pemberlakuan gage ini tetap dilaksanakan untuk mengurangi mobilitas kendaraan sepanjang Jl Sudirman-Thamrin. Kalau tidak sesuai tanggal, ya kita alihkan. Kita suruh cari jalan lain," kata Eko saat ditemui terpisah.

Diketahui, gage di sejumlah titik di DKI Jakarta masih berlaku menggantikan kebijakan penyekatan sejak Kamis (12/8). Namun masih ada pengendara mobil yang mencoba melanggar gage dan tidak terima saat diputar balik di Jl Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat (Jakpus).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah mengumumkan perpanjangan PPKM hingga 30 Agustus mendatang dengan catatan beberapa daerah turun ke level 3, di antaranya wilayah aglomerasi Jabodetabek. Meski begitu, kebijakan ganjil-genap tetap berlaku.

"Untuk besok masih berlaku gage (ganjil-genap)," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dihubungi detikcom, Senin (23/8).

(dwia/dwia)