Mahasiswa Demo Gubernur Bali, Bawa Poster 'PPKM: Pelan-pelan Kita Mati'

ADVERTISEMENT

Mahasiswa Demo Gubernur Bali, Bawa Poster 'PPKM: Pelan-pelan Kita Mati'

Sui Suadnyana - detikNews
Senin, 23 Agu 2021 18:27 WIB
Demo Mahasiswa Depan Kantor Gubernur Bali
Demo Mahasiswa di Depan Kantor Gubernur Bali (Sui/detikcom)
Denpasar -

Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Bali Dewata Dwipa melakukan demonstrasi di depan kantor Gubernur Bali. Mereka mengecam Gubernur Bali Wayan Koster lantaran bantuan sosial ke masyarakat tak merata selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

"Sebenarnya (aksi) ini sebuah simbolis di mana kami memastikan adanya bantuan dari pemerintah di mana selama ini banyak sekali anggaran-anggaran belum terfokus pada penanganan pandemi itu, terutama di Provinsi Bali," kata Koordinator Aliansi BEM Se-Bali Dewata Dwipa Muhammad Novriansyah Kusumapratama kepada wartawan, Senin (23/8/2021).

Menurut Novriansyah, selama ini bantuan yang disalurkan belum merata. Hal itu bisa dilihat dari masyarakat kecil seperti pedagang, tukang sapu jalanan, tukang parkir, dan sebagainya yang belum mendapatkan bantuan. Selain itu, sebagian besar masyarakat kecil tidak mengetahui program vaksinasi.

Karena itu, pihaknya meminta Gubernur Koster mengevaluasi penerapan PPKM di Bali. Mereka juga meminta agar bantuan sosial diberikan kepada masyarakat secara adil dan tepat sasaran.

Demo Mahasiswa Depan Kantor Gubernur BaliDemo Mahasiswa di Depan Kantor Gubernur Bali (Sui/detikcom)

Kemudian, Aliansi BEM Se-Bali Dewata Dwipa meminta agar mengoptimalkan test, tracing, dan treatment (3T). 3T Ini dioptimalkan dengan membangun sinergi dengan masyarakat.

Tak hanya itu, para mahasiswa juga meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali memastikan insentif bagi tenaga kesehatan dan memperhatikan sektor lain di luar pariwisata.

Novriansyah mengatakan, sebelum melakukan aksi, pihaknya telah sebanyak tiga kali mengajukan audiensi dengan Gubernur Koster. Akan tetapi, ketiga permohonan tersebut ditolak sehingga pihaknya turun melakukan aksi demonstrasi.

"Maka dari itu kami sekarang hadir di sini memastikan memang ini suara dari masyarakat, suara dari mahasiswa yang harus memang didengarkan. Dan tidak menutup kemungkinan ada hal-hal yang lebih besar lagi yang bisa kami lakukan. Karena sekarang bicara soal masyarakat Bali banyak sekali yang memerlukan bantuan dari Pemprov Bali," terangnya.

Demo Mahasiswa Depan Kantor Gubernur BaliDemo Mahasiswa di Depan Kantor Gubernur Bali (Sui/detikcom)

Dalam aksi ini, mahasiswa membawa sejumlah selebaran yang bertuliskan banyak hal soal PPKM. Beberapa di antaranya 'PPKM: Pelan-pelan Kita Mati' hingga 'PPKM!! Covid Menurun, Kelaparan Meningkat, Bung!!!'.

(knv/knv)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT