Program 'Kita Jaga Kyai', BAZNAS Vaksinasi 3.000 Santri di Yogyakarta

Yudistira Imandiar - detikNews
Senin, 23 Agu 2021 17:53 WIB
Baznas
Foto: Baznas
Jakarta -

Melanjutkan rangkaian program 'Kita Jaga Kyai', Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menggelar vaksinasi bagi santri di Yayasan Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak dan Pondok Pesantren An-Nur, Kabupaten Bantul, DIY. Kegiatan yang berlangsung pada 19-21 Agustus 2021 ini diikuti 3.000 santri.

Di Pondok Pesantren Krapyak, tercatat sebanyak 1.600 santri yang divaksin, sedangkan di Pondok Pesantren An-Nur ada 1.400 santri yang memperoleh vaksin COVID-19.

"Alhamdulillah sebanyak 3.000 santri dari Pondok Pesantren Krapyak dan Pondok Pesantren An-Nur Yogyakarta telah melakukan vaksinasi. Program ini sejalan dengan program pemerintah, pencapaian herd immunity dapat disegerakan melalui program vaksinasi COVID-19. Lalu untuk mencapai tingkat herd immunity minimum 70% diperlukan kerja keras, di antaranya dengan jemput bola ke komunitas dalam hal ini adalah komunitas pesantren," jelas Pimpinan BAZNAS RI Saidah Sakwan dalam keterangan tertulis, Senin (23/8/2021).

Saidah menyampaikan program Kita Jaga Kyai diupayakan untuk mempercepat capaian vaksinasi secara nasional dan melindungi para kyai dan warga di lingkungan pondok pesantren. Ia mengulas program Kita Jaga Kyai memiliki tiga tujuan utama, yakni menjaga kesehatan dan kebugaran para kyai, memberi dukungan paket kesehatan untuk para kyai, dan memberikan layanan kesehatan bagi para kyai.

Ia menambahkan program Kita Jaga Kyai pertama kali diluncurkan BAZNAS pada 2 Agustus 2021, sebagai upaya membantu pemerintah dalam menanggulangi pandemi COVID-19, khususnya di lingkungan pondok pesantren. Banyaknya ulama yang wafat akibat terpapar COVID-19, kata Saidah, menjadi salah satu pendorong diluncurkannya program Kita Jaga Kyai, yang terdiri dari dukungan vaksinasi, paket imunitas, paket higienitas, medical check-up, dan dukungan isoman. Program ini ditargetkan untuk santri/santriwati dan pengurus ponpes guna mendukung kesehatan para kyai di tengah pandemi.

Selain program Kita Jaga Kyai, kata Saidah, BAZNAS juga berkontribusi aktif dalam upaya penanggulangan COVID-19 di Indonesia melalui berbagai program darurat dan program recovery dalam membantu sisi perekonomian masyarakat yang terdampak.

Program darurat yang dijalankan, antara lain bantuan paket penggali kubur, bantuan paket pemulasaraan jenazah untuk penyintas COVID-19, dukungan paket ruang isolasi di Rusunawa Nagrak Cilincing, oksigen bagi faskes di Jabodetabek, bantuan APD penggali kubur untuk pemakaman pasien COVID-19, bantuan pemulasaraan jenazah isolasi mandiri, bantuan paket imun untuk nakes, mustahik penyintas COVID19, supir ambulans, dan bantuan tenda darurat ke faskes se-Jabodetabek untuk penanganan pasien COVID-19.

(ega/ega)