Polisi Duga Pekerja di Yahukimo Dibunuh KKB Tendius Gwijangge

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Senin, 23 Agu 2021 15:55 WIB
Kabid Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal, (dok. Polda Papua)
Kombes AM Kamal (dok. Polda Papua)
Jakarta -

Teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) diduga membunuh dua pekerja yang membangun jembatan di Sungai Brazza, Kampung Kribun, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, kemarin sore. Polisi menduga KKB pimpinan Tendius Gwijangge-lah yang melakukan aksi keji tersebut.

"Benar bahwa telah terjadi pembantaian dua orang sipil pekerja PT Indopapua di jembatan Kali Brasa. Dari keterangan olah TKP, diduga pelaku pembantaian tersebut adalah KKB Wilayah Yahukimo pimpinan Tendius Gwijangge," ujar Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Ahmad Musthofa Kamal melalui keterangan tertulis, Senin (23/8/2021).

Kamal mengatakan, berdasarkan keterangan saksi mata, dua pekerja yang dibunuh itu bernama Rionaldo Ratu Roma dan Dedi Imam Pamungkas. Saat ini, kedua jenazah sedang diperiksa secara medis di RSUD Dekai.

Lebih lanjut, Kamal menjelaskan TNI-Polri akan memburu para pelaku. Dia meminta warga melapor ke polisi apabila memiliki informasi seputar KKB pimpinan Tendius Gwijangge.

"Aparat tidak akan tinggal diam dan mengusut tuntas sesuai prosedur hukum pelaku pembantaian pekerja PT Indopapua ini. Kepada warga masyarakat yang memiliki info seputar KKB wilayah Yahukimo pimpinan Tendius Gwijangge, agar tidak segan melapor ke kepolisian terdekat," imbuhnya.

Diketahui, KKB kembali berulah. Mereka diduga membunuh dua pekerja yang membangun jembatan di Sungai Brazza, Kampung Kribun, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua.

Dilansir dari Antara, Minggu (22/8), KKB diduga membunuh 2 pekerja itu pada Minggu sekitar pukul 16.30 WIT. Kedua korban yang meninggal tersebut adalah Rionaldo Raturoma dan Dedi Imam Pamuji.

Korban adalah karyawan PT Indo Papua yang sedang membangun jembatan di Sungai Brazza. Lokasi kejadian sekitar 10 km dari kamp milik PT Indo Papua.

(knv/knv)