Polisi Kaji Unsur Penghinaan di Kasus yang Dilaporan Ayu Ting Ting

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 23 Agu 2021 14:00 WIB
Ayu Ting Ting saat ditemui di kawasan Trans TV,
Ayu Ting Ting (Noel/detikFoto)
Jakarta -

Ayu Ting Ting telah melayangkan laporan ke Polda Metro Jaya perihal dugaan penghinaan yang dilakukan akun Instagram @gundik_empang. Penyidik kini tengah menggali unsur persangkaan dari laporan tersebut.

"Laporan lagi diteliti oleh Krimum (Kriminal Umum) Polda Metro Jaya. Lagi kita teliti dulu terhadap dugaan persangkaan di Pasal 315 KUHP," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (23/8/2021).

Ayu Ting Ting melaporkan pemilik akun @gundik_empang atas dugaan tindakan penghinaan kepada pribadinya hingga keluarganya. Pemilik akun itu dilaporkan dengan dugaan telah melanggar Pasal 315 KUHP tentang Tindakan Penghinaan.

Menurut Yusri, setelah unsur persangkaan itu terpenuhi dari penilaian penyidik, Ayu Ting Ting akan segera dimintai keterangan sebagai pihak pelapor.

"Nanti kita lihat rencana tindak lanjut kalau naik penyelidikan akan diundang pelapor dengan membawa bukti dan saksi-saksi lain," terang Yusri.

Terkait kemungkinan adanya restorative justice yang akan dikedepankan pihak kepolisian dalam kasus tersebut, Yusri enggan berkomentar lebih jauh. Dia menyebut saat ini pihaknya masih dalam tahap mempelajari laporan Ayu Ting Ting.

"Ini baru diteliti laporannya belum penyelidikan masih diteliti dulu. LP-nya baru sampai Krimum Polda Metro," ungkap Yusri.

Bullying kepada Ayu Ting Ting ini sempat heboh setelah orang tua penyanyi dangdut menyambangi rumah hater di Bojonegoro, Jawa Timur. Ayah Ojak, sapaan akrab Rojak, ayah Ayu Ting Ting, mendatangi rumah hater yang diketahui bernama Kartika Damayanti pada Rabu (28/7). Ayah Ojak bersama sang istri, Umi Kalsum, mendatangi rumah Kartika.

Kedatangan orang tua Ayu Ting Ting itu ternyata hanya disambut oleh orang tua Kartika yang diduga menghina anak Ayu Ting Ting. Saat mendatangi rumah Kartika, ternyata diketahui Kartika sedang tidak berada di rumah. Dia bekerja menjadi TKI di Singapura.

Ibunda Ayu Ting Ting, Umi Kalsum, mengaku kecewa karena tidak bertemu dengan Kartika. Dia bahkan sampai mencolek KBRI Singapura untuk membantu menangani di Instagram pribadinya.

"Selamat pagi semuanya. Semoga apa yang Ibu lakukan kemarin, jujur hati ibu ayah belum puas," tulis Umi Kalsum dalam unggahannya yang dilihat Kamis (29/7/2021).

Orang tua Ayu Ting Ting datang ke rumah Kartika bersama polisi. Umi Kalsum berharap Kartika bisa kembali ke Indonesia dan mempertanggungjawabkan ulahnya yang sudah menghina anak Ayu Ting Ting.

"Walaupun belum puas, belum selesai, belum tuntas masalah ini, yang sudah menghina cucu dan anak ibu, semoga di luar sana bisa membantu membawa manusia itu kembali ke Indonesia amin, bismillah," harap ibunda Ayu Ting Ting.

(ygs/mea)