Warga Pekanbaru Manfaatkan Layanan Online untuk Daftar JKN-KIS

Yudistira Perdana Imandiar - detikNews
Senin, 23 Agu 2021 08:47 WIB
BPJS Kesehatan
Foto: BPJS Kesehatan
Jakarta -

Sistem pendaftaran virtual BPJS Kesehatan melalui Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (PANDAWA) dan aplikasi Mobile JKN digunakan warga Pekanbaru, Riau untuk mengakses layanan JKN-KIS dan sebagainya. Warga memilih mendaftar online guna mengurangi kontak langsung di masa pandemi.

Salah satunya Riki (35) yang mendaftarkan diri dan keluarga kecilnya untuk menjadi peserta JKN-KIS melalui Mobile JKN. Riki mengatakan ia ingin memiliki jaminan kesehatan untuk dirinya beserta keluarga dengan memanfaatkan program yang telah disediakan oleh pemerintah.

"Dengan adanya Mobil JKN ini semua proses pendaftaran sangat mudah dan membantu. Menurut saya dengan adanya pelayanan non tatap muka ini sangat efisien bagi kita terutama masa pandemi. Kita tidak perlu berlama-lama antre di kantor yang lebih berpotensi terpapar oleh virus," ungkap Riki dikutip dalam keterangan tertulis, Senin (23/8/2021).

Riki menilai fitur-fitur yang disediakan di Mobile JKN sudah cukup lengkap untuk mengakses pelayanan kesehatan seperti memantau jumlah kamar di setiap rumah sakit, dapat mengubah faskes dengan mudah, serta juga dapat mengakses Kartu Indonesia Sehat (KIS) digital.

"Untuk pelayanan BPJS Kesehatan sudah sangat bagus dan sangat efisien. Tadi informasi yang diberikan oleh petugas cukup jelas. Saya mempercayai jaminan kesehatan keluarga saya dengan bergabung menjadi peserta JKN-KIS. Menurut saya sangat penting untuk semua masyarakat bergabung di program ini dan memanfaatkannya dengan baik, semoga BPJS Kesehatan dapat memberikan pelayanan terbaiknya kepada semua masyarakat Indonesia," papar Riki.

(akn/ega)