Cerita Warga Merasa Terbantu JKN-KIS, Ingatkan Sakit Tak Kenal Waktu

Angga Laraspati - detikNews
Senin, 23 Agu 2021 07:36 WIB
BPJS Kesehatan
Foto: BPJS Kesehatan
Jakarta -

Adanya Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) telah terbukti dalam hal memberikan perlindungan kesehatan bagi keluarga Indonesia. Tak terkecuali bagi Suhentet (30) dan keluarga yang telah menjadi Peserta JKN-KIS sejak 2014.

Suhentet dan keluarga merasakan betul manfaatnya. Tak ada lagi biaya kesehatan yang harus dikeluarkan saat ada anggota keluarga yang sakit.

"Saya dan keluarga sudah pakai BPJS (Kesehatan) baik untuk berobat penyakit ringan seperti demam, flu, batuk, atau pada saat saya lahiran pun juga sudah pakai. Karena dengan adanya program ini saya sangat terbantu dalam masalah biaya," tutur Suhentet dalam keterangan tertulis, Senin (23/8/2021).

Suhentet juga sudah menggunakan Program JKN-KIS untuk proses lahiran anaknya yang pertama hingga yang terakhir. Ia sudah tidak ada keraguan lagi dalam hal pelayanan yang ia peroleh, terutama pada saat kelahiran buah hatinya.

Ia juga mengatakan ketika berada di rumah sakit maupun saat di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) tidak terdapat perbedaan antara pasien Peserta JKN-KIS maupun pasien yang berbayar reguler. Semua pelayanan terbaik diberikan kepada semua pasien.

Tidak hanya memikirkan jaminan kesehatan suami dan anak-anak, Suhentet juga mengajak dan mendaftarkan orang-orang terdekatnya. Ia percaya program JKN-KIS akan sangat membantu di waktu yang akan datang. Dengan terdaftar menjadi peserta JKN-KIS tidak perlu lagi adanya kekahawatiran biaya maupun pelayanan.

"Sangat perlu untuk semua masyarakat mendaftar menjadi Peserta JKN-KIS karena kita tidak mengetahui kapan penyakit itu datang kepada kita. Kesehatan itu lebih penting dari apapun. Dengan mendaftar jadi Peserta JKN-KIS ini kita tidak perlu khawatir dengan masalah pengobatan dan biaya," ujar Suhentet.

(akn/ega)