Ada JKN-KIS, Pengobatan Gula Darah hingga Katarak Jadi Gratis

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Sabtu, 21 Agu 2021 18:45 WIB
Peserta JKN-KIS
Foto: BPJS Kesehatan
Jakarta -

Besarnya biaya tidak lagi menjadi alasan bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak. Sejak hadirnya Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) masyarakat kini dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang baik, seperti halnya yang dirasakan oleh Zulhamid (47).

Pria yang akrab disapa Hamid ini sudah lama terdaftar dan memanfaatkan Program JKN-KIS. Hamid sudah selama empat tahun menderita penyakit gula darah, akibatnya dirinya harus rutin berobat setiap sebulan sekali untuk kontrol ke rumah sakit.

"Bagi saya kartu ini sangat bermanfaat untuk jaminan kesehatan bagi keluarga. Pelayanan yang diberikan di rumah sakit sangat bagus. Saya merasa senang karena ketika berobat pelayanan mudah dan tidak dipersulit. Cukup membawa kartunya dan menunggu dipanggil antrean sudah bisa mendapatkan pelayanan secara gratis," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (21/8/2021).

Tidak hanya dirinya yang telah memanfaatkan Program JKN-KIS, pengalaman yang paling berkesan bagi Hamid adalah ketika istrinya mengalami pendarahan di bulan Oktober 2020 lalu.

"Istri saya saat itu jatuh di toilet, sehingga harus dilarikan ke rumah sakit di kota Sinabang. Saat kami sampai disana istri langsung ditangani oleh dokter serta harus dirawat selama lima hari lima malam. Dokter tersebut sangat ramah, bahkan hingga sekarang saya masih ingat nama dokter yang menangani istri saya sampai betul-betul sembuh," kenangnya.

Pengalaman lain yang semakin menguatkan keyakinan dan kepercayaan Hamid akan kepastian dari Program JKN-KIS adalah ketika ibunya terkena penyakit katarak pada tahun 2015 silam. Semua biaya berobat ditanggung oleh Program JKN-KIS, pengalaman tersebut tidak membuatnya khawatir lagi ketika mau berobat.

"Kalau tidak ada BPJS Kesehatan, mungkin akan sulit untuk orang seperti saya berobat karena biaya yang dikeluarkan tidak sedikit, bisa-bisa saya berhutang sana sini," jelasnya.

Oleh karenanya, dia bersyukur dan merasa terbantu dengan adanya program JKN-KIS dan Pemerintah Aceh yang telah menjamin seluruh masyarakatnya untuk terdaftar ke dalam Program JKN-KIS.

"Semoga program yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan ini terus berkelanjutan, dan pemerintah terus berkomitmen untuk melanjutkan jaminan kesehatan yang berkesinambungan agar dapat membantu masyarakat, terutama bagi masyarakat yg kurang mampu," pungkasnya.

(ncm/ega)