Kapolri Lepas 34 Bus Vaksinasi Keliling, Sasar Warga Tak Terjangkau

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Sabtu, 21 Agu 2021 11:30 WIB
Kapolri melepas 34 bus vaksinasi keliling
Kapolri melepas 34 bus vaksinasi keliling. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melepas 34 bus vaksinasi keliling. Dia menyatakan ini sebagai upaya akselerasi atau percepatan vaksinasi untuk mencapai kekebalan kelompok (herd immunity) terhadap COVID-19 atau virus Corona.

Bus vaksinasi keliling ini merupakan kolaborasi antara TNI-Polri bersama Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin). Nantinya, bus tersebut akan menyasar para warga secara langsung terutama di lokasi permukiman yang tidak terjangkau.

"Bus yang nantinya akan digunakan bantu pelayanan vaksinasi ke masyarakat-masyarakat yang berada di daerah tak terjangkau oleh kegiatan vaksinasi massal terpusat. Ini bentuk layanan terhadap kegiatan vaksinasi dengan secara mobile dan menyentuh masyarakat," kata Sigit di gedung JCC, Jakarta Pusat, Sabtu (21/8/2021).

Dengan adanya bus vaksinasi keliling tersebut, mantan Kabareskrim ini berharap target Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk segera mewujudkan kekebalan kelompok terhadap virus Corona dapat segera tercipta.

Kapolri melepas 34 bus vaksinasi kelilingKapolri meninjau lokasi (Foto: dok. Istimewa)

"Harapan kami, ke depan, sinergi di antara seluruh stakeholder untuk bantu akselerasi vaksinasi massal bagi masyarakat dan bangsa kita untuk segera wujudkan herd immunity betul-betul bisa kami lakukan secara baik. Dengan melibatkan seluruh pihak sehingga capaian tersebut bisa tercapai dengan cepat. Sebagaimana kami harapkan," ujarnya.

Mantan Kapolda Banten ini mengungkap, jika herd immunity segera terwujud, aktivitas masyarakat, khususnya di sektor perekonomian, dapat berjalan seperti sediakala. Sebab itu, Sigit mengapresiasi niat baik Kadin yang ikut membantu akselerasi vaksinasi massal.

"Dengan herd immunity sudah terbentuk dengan asesmen-asesmen terhadap situasi yang ada saat ini, level yang ada bisa diturunkan dan tentunya kegiatan aktivitas ekonomi bisa terus-menerus dikembalikan seperti dulu dan tentunya ini merupakan tugas bersama, dan Pak Kadin, ya Ketua Umum Kadin, yang tentunya dorong ini semua sehingga kegiatan bisa berjalan dengan baik," ucap Sigit.

Kapolri melepas 34 bus vaksinasi kelilingKapolri berbincang dengan peserta vaksinasi massal (Foto: dok Istimewa)

Selain melepas bus vaksinasi keliling, Sigit meninjau kegiatan vaksinasi massal yang diselenggarakan oleh Kadin bersama TNI-Polri di gedung JCC, Jakarta Pusat.

(hri/jbr)