Revitalisasi Seluruh Kawasan Monas Masih Terkendala Aturan

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Sabtu, 21 Agu 2021 00:14 WIB
Kawasan Monas, Jakarta, akan ditutup selama libur Lebaran. Hal itu dilakukan sejak PPKM Mikro pada Maret 2021 lalu.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Selain bagian sisi selatan, rencananya seluruh kawasan Monumen Nasional (Monas) akan direvitalisasi. Namun, revitalisasi seluruh kawasan Monas masih terhambat oleh aturan.

"Prinsipnya gimana mau merancang fisik, kita belum total keseluruhan. Makanya kita mau rancang fisik dulu, keseluruhan. kemarin kan kita anggaran (setop) ternyata Ada Keppres 25 kan," kata Kepala Dinas Cipta Karya Tata Ruang (Citata) DKI Jakarta Heru Hermawanto di DPRD DKI Jakarta, Jumat (20/8/2021).

Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta mengusulkan agar Keppres tersebut direvisi. Heru meyakini melalui revisi Keppres, proses penataan kembali kawasan Monas bisa dilalui secara sederhana.

"Kan Keppres dulu nih karena berkaitan dengan kawasan Ibu Kota. Nanti kalau kita usulkan bisa PRK (panduan rancang kota) jadi lebih simple. Jadi bisa (segera) kita kerjakan," sebutnya.

Tak hanya itu, Heru menyebut rancangan penataan kawasan Monas juga dipengaruhi oleh kepastian perpindahan Ibu Kota Negara Indonesia. Sebab, sejak awal kawasan Monas didesain sebagai ikon Ibu Kota RI.

Untuk itulah, Pemprov DKI akan mengajukan usulan revisi Keppres jika Ibu Kota dipastikan pindah ke Kalimantan.

"Dulu kan usulan Keppres dari Pemda kemudian dijadikan Keppres oleh pusat. (Sekarang) sama, Pak gubernur bisa usulkan," sebutnya.

"Nanti pak gubernur kalau menugaskan kita, kita akan membuat (perencanaan), mungkin nanti terbitnya apakah panduan rancang kota Kawasan Medan Merdeka. Karena ini juga akan menjadi isu perubahan Ibu Kota. Dulu kan (kawasan Monas) dikemas untuk ibu kota," sambung Heru.

Revitalisasi Monas Bagian Selatan

Meski sempat berpolemik bahkan sempat dihentikan sementara, revitalisasi kawasan Monas bagian selatan telah selesai dikerjakan. Revitalisasi Monas bagian selatan selesai dikerjakan pada Maret 2020.

Namun, karena pandemi COVID-19 di tahun 2020, sampai sekarang Monas belum dibuka untuk umum. Sehingga, hasil revitalisasi Monas bagian selatan hanya bisa dilihat dari luar Kawasan Monas.

Dari hasil revitalisasi itu, terlihat lapangan atau area plaza luas. Sehingga, dari orang bisa melihat tugu Monas dari Jalan Medan Merdeka Selatan.

Kemudian, di sisi kiri dan kanan plaza terdapat tribun. Di belakang tribun tersebut telah ditanam oleh pohon-ponon.

(aik/aik)