detikcom Do Your Magic

Kabel Mulai Dipindahkan dari Tiang-tiang Tengah Jalan Dekat Tol Brigif

Athika Rahma - detikNews
Jumat, 20 Agu 2021 18:57 WIB
Tiang-tiang di Jl Erha dekat Tol Brigif, 20 Agustus 2020. (Athika Rahma/detikcom)
Tiang-tiang di Jl Erha dekat Tol Brigif, 20 Agustus 2020. (Athika Rahma/detikcom)
Depok -

Pemerintah Kota Depok menyatakan tiang-tiang yang berada di badan jalan dekat Tol Brigif bakal segera dipindahkan. Saat ini tiang memang belum dipindah, namun proses pemindahan kabel mulai dilakukan.

Pantauan detikcom di lokasi, Jl Erha, Kelurahan Gandul, Kecamatan Cinere, Depok, Jawa Barat, Jumat (20/8/2021) pukul 17.30 WIB, terlihat tiang-tiang memang belum berubah posisi.

Namun warga melaporkan ada petugas yang datang ke lokasi untuk membereskan kabel-kabel di atas tiang pada pagi hari.

"Tadi pagi ada, pagi-siang gitu petugas datang merapikan tiang, tapi belum dibongkar sih tiangnya ini," kata Erni (55), warga setempat.

Tiang-tiang di Jl Erha dekat Tol Brigif, 20 Agustus 2020. (Athika Rahma/detikcom)Tiang-tiang di Jl Erha dekat Tol Brigif, 20 Agustus 2020. (Athika Rahma/detikcom)

Cece (20), warga lainnya, berharap tiang-tiang ini segera dibereskan. "Risi dan bahaya juga. Ini jalan lebar, kelihatannya kan jadi kecil, jadi kayak percuma kan dilebarin jalannya kalau ada tiang begini," katanya.

Pihak Pemkot Depok menyatakan telah berkoordinasi dengan PLN dan pihak pengelola Tol Desari selaku pihak yang berkepentingan dengan jalan yang dekat dengan exit Tol Brigif ini. Secara terpisah, detikcom menghubungi pihak pengelola Tol Desari, yakni Sekretaris Perusahaan PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP), Indah Dahlia Lavie.

"Saat ini sedang dilakukan pemindahan," kata Indah Dahlia Lavie.

Petugas memindahkan kabel dari tiang-tiang di Jl Erha dan Jl Cinere Raya. (Dok Istimewa)Petugas memindahkan kabel dari tiang-tiang di Jl Erha dan Jl Cinere Raya. (Foto: dok. Istimewa)

Dia menunjukkan foto yang merekam aktivitas pemindahan kabel oleh petugas-petugas berseragam biru tua dan berhelm kuning. Di antara petugas itu, ada satu yang naik ke ketinggian tiang dan menyesuaikan kabel-kabel di atasnya.

Petugas memindahkan kabel dari tiang-tiang di Jl Erha dan Jl Cinere Raya. (Dok Istimewa)Petugas memindahkan kabel dari tiang-tiang di Jl Erha dan Jl Cinere Raya. (Dok Istimewa)

Selain di Jl Erha, ada pula aktivitas pemindahan kabel yang dilakukan di Jl Bukit Cinere Raya, sekitar 600 meter dari Jl Erha.

"Penarikan JTR," demikian keterangan di foto tertanggal 19 Agustus, memotret kegiatan petugas di Jl Bukit Raya. JTR adalah jaringan tegangan rendah.

(dnu/dnu)