Cerita Jemaah yang Akhirnya Bisa Salat Jumat Lagi di Istiqlal

Nahda Rizki Utami - detikNews
Jumat, 20 Agu 2021 14:53 WIB
Sejumlah umat muslim tengah menjalani Ibadah Salat Jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (20/8/2021). Masjid Istiqlal kembali menggelar salat jumat Namun, penerapan protokol kesehatan ketat tetap dikedepankan dalam area Masjid.
Suasana salat Jumat di Masjid Istiqlal (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Masjid Istiqlal, Jakarta, sudah kembali menggelar salat Jumat dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Jemaah pun menyambut baik hal tersebut.

Jemaah salat Jumat di Masjid Istiqlal mulai berdatangan pada pukul 11.00 WIB. Sebelum masuk ke dalam masjid, mereka dilakukan pengecekan suhu tubuh dan pemeriksaan bukti sudah divaksinasi COVID-19.

Seperti cerita seorang jemaah bernama Jaehan (25), warga Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Dia mengatakan ingin merasakan kembali salat di Masjid Istiqlal, yang selama pandemi COVID-19 ditutup untuk masyarakat umum.

"Karena ini kedua kalinya saya salat di Masjid Istiqlal. Selama pandemi, ini baru pertama kalinya salat di Masjid Istiqlal lagi," kata Jaehan saat ditemui di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (20/8/2021).

Jaehan bercerita tidak ada masalah dengan pemeriksaan bukti vaksin di tempat Masjid Istiqlal. Menurutnya, itu merupakan hal yang baik demi memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Kalau menurut saya sih nggak ada masalah karena tujuannya kan baik, untuk mengajak orang ikut vaksin. Jadi memutus rantai penyebaran COVID-19 juga," ucapnya.

Jemaah lain bernama Gunawan (45), warga Cikini, juga menceritakan perasaannya setelah kembali dapat menunaikan salat Jumat di Masjid Istiqlah, yang selama pandemi ini merupakan yang pertama kali. Dia bahkan mengajak istrinya ke Masjid Istiqlal.

"Pengin ngerasain salat Jumat di sini. Lihat di internet sih Masjid Istiqlal buka sekarang, makanya nyoba ke sini. Lagi pula nggak terlalu jauh dari rumah," ujarnya.

Terkait persyaratan vaksin sebagai ketentuan masuknya ke tempat ibadah dan sarana umum lainnya, Gunawan menyebut hal itu baik sekali. Namun, karena masih ada beberapa orang yang belum mengetahui aturan tersebut, dia pun menyarankan agar sosialisasi digencarkan.

Sementara itu, jemaah bernama Iwan (25) mengatakan melakukan salat Jumat di Masjid Istiqlal lantaran dekat dengan lokasi kerjanya. Iwan berharap angka penyebaran COVID-19 cepat menurun agar bisa segera hidup normal kembali.

"Karena dekat dari kantor, terus saya lihat juga kan di berita, katanya Masjid Istiqlal buka untuk salat Jumat hari ini. Jadinya ya sudah, saya salat di sini," ucapnya.

(fas/fas)