KPK Konfirmasi Bukti Elektronik di Kasus Suap Walkot Tanjungbalai

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Jumat, 20 Agu 2021 12:34 WIB
Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial Ditahan KPK
Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial Ditahan KPK (Andhika/detikcom)
Jakarta -

KPK memeriksa tersangka Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial dalam kasus dugaan penerimaan hadiah atau janji terkait lelang jabatan di Pemkot Tanjungbalai 2019 lalu. KPK mengkonfirmasi M Syahrial soal bukti elektronik miliknya terkait dengan perkara ini.

"Yang bersangkutan dikonfirmasi antara lain mengenai berbagai isi dari bukti elektronik miliknya yang diduga terkait dengan perkara tersebut," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Jumat (20/8/2021).

Ali mengatakan pemeriksaan M Syahrial dilakukan pada Kamis (19/8) kemarin. M Syahrial diperiksa di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan.

Diketahui, M Syahrial ditetapkan sebagai tersangka karena diduga memberi suap kepada eks penyidik KPK dari Polri, AKP Stepanus Robin Pattuju. Suap itu diduga diberikan agar Robin mengurus perkara dugaan korupsi yang menyangkut Syahrial.

KPK juga menetapkan Maskur Husain sebagai tersangka karena juga ikut terlibat dalam kasus ini. Syahrial diduga menjanjikan duit Rp 1,5 miliar kepada AKP Robin. Dari jumlah itu, AKP Robin diduga telah menerima Rp 1,3 miliar.

Saat ini, persidangan M Syahrial masih berjalan di Pengadilan Tipikor Medan. Sementara untuk AKP Robin, KPK telah menyatakan berkas perkaranya lengkap dan akan segera disidang di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat.

(aud/aud)