Baliho Puan Vs Kaesang, Elite PDIP Pastikan Bukan Kontestasi

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 20 Agu 2021 06:15 WIB
Baliho Ketua DPR RI Puan Maharani mejeng di sejumlah titik jalan di Kota Bandung, Jawa Barat. Baliho itu bertulisan KEPAK SAYAP KEBHINEKAAN.
Baliho Puan Maharani (Wisma Putra/detikcom)
Jakarta -

Baliho dan billboard bergambar foto Puan Maharani dengan tagline 'Kepak Sayap Kebhinnekaan' kini disaingi oleh putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep bertuliskan 'Saya Siap untuk RI 1'. Politikus Senior PDIP, Hendrawan Supratikno menegaskan hal tersebut bukan berarti adanya kompetisi di internal PDIP.

"Kami pasang billboard atau baliho bukan untuk dikontestasikan. Yang kami lakukan lebih sebagai ekspresi kebanggaan, ekspresi rasa syukur, karena Ibu Puan Maharani adalah perempuan pertama yang menjadi Ketua DPR, yang telah mampu menunjukkan kemampuan menahkodai lembaga negara dalam tahun-tahun yang sulit ini," kata Hendrawan saat dihubungi, Kamis (19/8/2021).

Hendrawan menyebut baliho Puan Maharani dan baliho Kaesang bukanlah untuk dilombakan. Menurutnya baliho tersebut dibangun demi menunjukkan toleransi hingga solidaritas menghadapi tantangan bangsa.

"Jadi billboard/baliho tersebut bukan untuk dilombakan, tapi untuk diresapi pesan dan maknanya. Lebih sebagai upaya untuk membangun imaji kenusantaraan, toleransi, solidaritas dan disiplin sosial untuk menghadapi tantangan negara bangsa ke depan," ucapnya.

Untuk diketahui, Bursa calon presiden (capres) 2024 semakin menarik. Setelah baliho dan billboard bergambar foto Puan Maharani dengan tagline 'Kepak Sayap Kebhinnekaan' bertebaran, terkini putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, memposting foto berisi tulisan 'Saya Siap untuk RI 1'.

Baliho dan billboard bergambar foto Puan dengan tagline 'Kepak Sayap Kebhinnekaan' bertebaran di banyak tempat. Baliho dan billboard tersebut dipasang anggota Fraksi PDIP DPR RI di daerah pemilihan (dapil) masing-masing.

Baliho dan billboard tersebut juga dipasang di sejumlah dapil tempat PDIP tidak memiliki kursi DPR. Di daerah tersebut, baliho dan billboard Puan dipasang DPD dan anggota fraksi setempat.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan video 'Survei IPO: Promo Baliho Belum Efektif, Elektabilitas Puan Rendah':

[Gambas:Video 20detik]