'Perang' Baliho Kepak Sayap Puan Vs Kaesang 'Siap untuk RI 1'

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 19 Agu 2021 13:31 WIB
Baliho Ketua DPR RI Puan Maharani mejeng di sejumlah titik jalan di Kota Bandung, Jawa Barat. Baliho itu bertulisan KEPAK SAYAP KEBHINEKAAN.
Baliho atau billboard 'Kepak Sayap Kebinnekaan' Puan Maharani (Wisma Putra/detikcom)
Jakarta -

Bursa calon presiden (capres) 2024 semakin menarik. Setelah baliho dan billboard bergambar foto Puan Maharani dengan tagline 'Kepak Sayap Kebhinnekaan' bertebaran, terkini putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, memposting foto berisi tulisan 'Saya Siap untuk RI 1'.

Baliho dan billboard bergambar foto Puan dengan tagline 'Kepak Sayap Kebhinnekaan' bertebaran di banyak tempat. Baliho dan billboard tersebut dipasang anggota Fraksi PDIP DPR RI di daerah pemilihan (dapil) masing-masing.

Baliho dan billboard tersebut juga dipasang di sejumlah dapil tempat PDIP tidak memiliki kursi DPR. Di daerah tersebut, baliho dan billboard Puan dipasang DPD dan anggota fraksi setempat.

Adapun beberapa dapil di mana PDIP tidak memiliki kursi DPR, di antaranya Sumatera Barat I-II dan Aceh I. PDIP sendiri tidak membatasi berapa banyak baliho atau billboard yang harus dipasang.

"Yaitu di Sumbar I, Sumbar II, Aceh I, Aceh II, Gorontalo, dan NTB 2 dipasang oleh DPD dan Fraksi PDI Perjuangan setempat. Berapa total jumlah yang dipasang belum ada laporan, karena setiap anggota Dewan tidak dibatasi harus pasang sekian. Ini pembiayaannya gotong royong," kata Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu, Bambang Wuryanto, dalam keterangan yang diterima detikcom, Jumat (6/8/2021).

Rencananya baliho dan billboard Puan akan dipasang selama dua bulan, sejak 15 Juli hingga 15 September 2021. Namun, menurut elite PDIP yang kerap disapa Bambang Pacul itu, tidak menutup kemungkinan akan dipasang selama tiga bulan.

"Sebab di lapangan ada (penyewaan billboard) yang tidak mau memberi diskon biaya, tapi diberi tambahan waktu pemasangan," ungkap Bambang pacul.

Soal anggapan pemasangan baliho Puan Maharani sebagai persiapan Pilpres 2024, Bambang Pacul tidak mempersoalkan. Sebab, menurutnya, perihal capres dan cawapres merupakan kewenangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Ini lebih ke internal. Soal capres dan cawapres clear kewenangan Ketua Umum. Dibilang (persiapan) 2024, persepsi orang siapa yang melarang? Pikiran dan perasaan tidak bisa dipenjara. Mau dibilang mau nyapres monggo, mau sebagai bentuk kegembiraan sebagai Ketua DPR RI perempuan pertama ya monggo," tegasnya.

Kemarin, secara tiba-tiba Kaesang Pangarep memposting foto berisi tulisan 'Saya Siap untuk RI 1'. Apakah Kaesang berminat meramaikan bursa capres 2024?

Baca di halaman berikutnya.

Simak Video: Survei IPO: Promo Baliho Belum Efektif, Elektabilitas Puan Rendah

[Gambas:Video 20detik]