Percha Leanpuri Putri Gubernur Sumsel-Anggota DPR Meninggal Dunia

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 19 Agu 2021 20:09 WIB
Percha Leanpuri
Percha Leanpuri (Dok. Instagram @perchahd)
Jakarta -

Kabar duka datang dari keluarga besar Gubernur Sumsel Herman Deru dan Partai NasDem. Putri Gubernur Sumsel Herman Deru, Percha Leanpuri, meninggal dunia.

"Ibu Percha memang benar meninggal dunia di RSMH tadi sekitar pukul 17.45 WIB," kata Kabag Humas Pemprov Sumsel Septriandi Setia Permana kepada wartawan, Kamis (19/8/2021) malam.

Andi menyebutkan, menurut keterangan dari pihak rumah sakit, almarhumah mengembuskan napas terakhirnya bukan dikarenakan virus Corona.

"Dari keterangan pihak rumah sakit, meninggalnya almarhumah sudah dipastikan bukan karena COVID," ungkapnya.

Andi juga menambahkan belum mengetahui kapan dan di mana almarhumah akan dimakamkan nantinya. Pihak keluarga, kata Andi, akan menyampaikan lebih lanjut.

Menurutnya, Percha Leanpuri sempat menjalani operasi persalinan. Kondisi Percha Leanpuri diketahui sempat membaik setelah menjalani operasi.

"Sebelum operasi kondisinya baik, cuma mungkin ada hal-hal yang agak teknis karena dari operasi. Dia dirawat di rumah sakit sudah kurang-lebih seminggu mungkin, sebelum melahirkan. Untuk kondisi anaknya dalam keadaan baik," jelas Andi.

Percha Leanpuri merupakan anggota DPR RI Fraksi NasDem. Percha Leanpuri menjabat anggota Komisi XI dan Banggar DPR RI.

"Dia ini anak pertama dari empat bersaudara putri Gubernur Sumsel Bapak Herman Deru, anak pertama," kata Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik NasDem, Charles Meikyansah.

Nasdem Sumsel Berduka

Sekretaris DPW Nasdem Sumsel, Hamzah Sakban mengucapkan bela sungkawa sedalam-dalamnya. Hamzah mengaku, almarhumah merupakan orang yang baik semasa hidupnya.

"Dia orang baik, sudah jadi kader di nasdem sekitar 8 atau 9 tahun yang lalu," ujarnya.

Selain pernah menjabat sebagai anggota DPD RI periode 2009-2015, Hamzah menyebut jika saat ini Percha sedang menjabat sebagai anggota DPR RI.

"Sebelum meninggal dunia ibu Percha menjabat sebagai anggota DPR RI fraksi partai nasdem," jelasnya.

Dimakamkan Besok

Wakil Gubernur Sumsel, Mawardi Yahya menyatakan almarhumah akan dimakamkan di Pemakaman Keluarga di Gandus, Palembang.

"Rencana besok (Jumat) dimakamkan. Di pemakaman keluarga di Gandus," kata Mawardi.

Rasa berduka yang mendalam disampaikan Mawardi, dia mengaku kehilangan sosok Percha Leanpuri. Ia juga meminta kepada masyarakat Sumsel untuk mendoakan Percha.

"Saya berharap permohonan maaf jika ada kekeliruan, kesalahan ibu Percha selama hidupnya. Dan semoga di tempat terbaik oleh Allah dan dosanya diampuni," jelasnya.

Simak juga 'Eks Manajer Timnas Indonesia Andi Darussalam Tabusalla Meninggal Dunia':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/idh)