Pengacara Sebut Ryan Jombang Muntah Darah Usai Dipukul Habib Bahar

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 19 Agu 2021 18:02 WIB
Jakarta -

Terpidana mati kasus mutilasi, Very Idham Henyansyah, diduga dipukul oleh Habib Bahar bin Smith di Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Pria yang dijuluki Ryan Jombang ini dikabarkan mengalami muntah darah akibat pemukulan tersebut.

Pengacara Ryan Jombang, Kasman Sangaji, mengatakan penganiayaan itu terjadi pada Minggu (15/8/2021) dan Senin (16/8). Kasman sendiri telah mengecek kondisi Ryan ke Lapas Gunung Sindur pada Selasa (17/8) pagi.

"Yang disayat-sayat itu terjadi Hari Minggu, yang dipukul itu hari Senin. (Disayat) gara-gara itu, uang itu," kata Kasman saat dihubungi detikcom, Kamis (19/8).

Kasman mengatakan Ryan Jombang dipukul di bagian wajah, perut dan dada. Ryan sampai mengalami muntah darah akibat pemukulan itu.

"Saya Selasa paginya ke sana cek kebenaran, benar juga. Benar mukanya seperti itu (bonyok), itu muntah darah sampai sekarang (muntah darah)," ujar Kasman.

Menurut informasi yang diperoleh Kasman, penganiayaan itu disaksikan oleh petugas Lapas Gunung Sindur.

"Karena saya dengar petugas juga menyaksikan itu, tapi nggak ada yang berani larang Habib Bahar, dibiarkan," imbuhnya.

Kasman mengatakan Ryan Jombang telah ditangani oleh petugas medis di Lapas Gunung Sindur. Kondisi Ryan mulai membaik, namun masih muntah darah.

"Sampai sekarang masih (muntah darah). Matanya bengkak," tuturnya.

Simak pemicu pemukulan Habib Bahar kepada Ryan Jombang, di halaman selanjutnya.