Pengacara Bantah Ryan Jombang Curi Uang Habib Bahar: Dia Sudah Hijrah

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Kamis, 19 Agu 2021 17:43 WIB
Jakarta -

Pengacara terpidana mati Ryan Jombang, Benny Daga, menepis kliennya dianiaya di Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, karena mencuri uang Habib Bahar bin Smith. Benny menyebut justru Habib Bahar yang meminjam uang Ryan sebesar Rp 10 juta.

"Itu yang perlu saya luruskan juga, bahwa tidak pernah ada pencurian uang sekali lagi. Ryan tidak pernah melakukan pencurian uang. Tidak ada, uang Ryan yang dipinjam oleh Habib Bahar," ujar Benny saat ditemui di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis (19/8/2021).

"Sehingga perlu Ryan untuk minta kembalikan uangnya. Jadi bukan pencurian, itu salah kalau pencurian. Tidak ada, Ryan tidak pernah mencuri," tegas Benny.

Benny mengatakan Ryan Jombang sudah hijrah. Maka, Benny berpendapat, Ryan tidak mungkin melakukan perbuatan kriminal lagi.

"Dan alhamdulillah, sampai hari ini kita bersyukur, masa lalu Ryan seperti itu tapi Ryan sudah hijrah. Itu dalam arti orang sudah hijrah tidak mungkin melakukan hal-hal konyol seperti itu. Apalagi disebut pencuri, itu sangat tidak benar. Saya bantah dan saya sanggah itu," tuturnya.

"Beliau Ini sudah hijrah, hijrah dalam arti sudah tidak lagi berada di dunia seperti itu. Sehingga kalau bilang bahwa Ryan terlibat hal seperti itu, kan nggak mungkin. Karena sudah jauh berubah, jauh banget ketimbang tahun 2009, 2010 kita ketemu ya jauh," sambung Benny.

Lebih lanjut Benny menjelaskan, uang Ryan Jombang yang dipinjam Habib Bahar tidak pernah kembali. Menurutnya, Ryan justru dianiaya oleh Habib Bahar yang mengerahkan massa dari luar lapas.

"Kenapa ada dugaan penganiayaan itu? Karena klien kami uangnya dipinjam beberapa kali oleh Habib Bahar secara bertahap dengan jumlah tertentu. Lalu, ketika hendak diminta kembali uangnya, tidak pernah dibalikkan. Yang ada klien kami dianiaya," tukasnya.

Pengacara Ryan Jombang Berniat Laporkan Habib Bahar ke Bareskrim

Atas dugaan penganiayaan itu, Benny menyambangi Bareskrim Polri untuk berkonsultasi dengan penyidik sebelum melaporkan Habib Bahar. Dia juga mengungkapkan bahwa Ryan masih dirawat di klinik lapas.

"Di klinik. Dirawat di klinik lapas sampai saat ini," imbuh Benny.

Penampakan Ryan Jombang Usai Dipukul Bahar Smith di Lapas Gunung Sundur. (Dok.istimewa)Penampakan Ryan Jombang setelah dipukul Bahar Smith di Lapas Gunung Sindur. (Dok. Istimewa)

Simak awal mula dugaan penganiayaan Ryan Jombang oleh Habib Bahar di halaman berikutnya.