Giliran Wagub Sumbar Serahkan Mobil Dinas Barunya ke Satgas COVID

Jeka Kampai - detikNews
Kamis, 19 Agu 2021 17:13 WIB
Padang -

Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Audy Joinaldy mengikuti langkah Gubernur Sumbar Mahyeldi yang menyerahkan mobil dinas baru ke Satgas COVID-19. Dia mengatakan penyerahan mobil ini dilakukan setelah ada arahan dari Mahyeldi.

Mobil Hyundai Palisade berpelat BA-2 itu diserahkan kepada Satgas COVID-19 Kamis (19/8/2021).

"Ikut arahan Pak Gubernur kalau saya. Sama dengan Pak Gubernur," kata Audy.

Audy menyerahkan mobil dinasnya kepada Satgas COVID-19 Provinsi Sumbar melalui Plh Kepala Badan Pelaksana BPBD Sumbar, Mulyadi. Audy mengaku selama ini menggunakan kendaraan pribadi.

"Beberapa bulan sejak dilantik saya pakai mobil pribadi, rumah pribadi, kok tidak disorot. Nggak ada yang bertanya. Kok sekarang diberi mobil dinas baru malah jadi sorotan," katanya.

Audy mengaku tidak menggunakan mobil dinas peninggalan Wakil Gubernur sebelumnya. Dia mengatakan mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan dan kondisinya kurang baik.

Pembelian mobil dinas baru untuk Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar senilai total Rp 2,9 miliar ini dikritik berbagai pihak. Pembelian mobil dinas baru saat pandemi Corona masih terjadi dianggap tidak etis.

Gubernur Sumbar Minta Maaf

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi menyerahkan mobil dinas barunya kepada Satgas COVID-19. Mahyeldi juga meminta maaf.

Permohonan maaf itu disampaikan Mahyeldi dalam pertemuan di Gubernuran Sumbar, Kamis (19/8/2021). Dia merasa persoalan mobil dinas baru menimbulkan keresahan di masyarakat.

"Assalamualaikum Bapak, Ibu, Ninik Mamak, alim ulama, cadiak pandai, masyarakat Sumatera Barat secara khusus, dan rakyat Indonesia umumnya. Mencermati isu mobil dinas kepala daerah Sumbar dalam 2 hari ini, maka saya atas nama pribadi dan pemerintah terlebih dulu menyampaikan permohonan maaf kepada kita semua karena telah menimbulkan keresahan dan jadi pembicaraan publik," kata Mahyeldi.

Mahyeldi dan Wagub Audy Joinaldy disorot usai pembelian mobil dinas baru dengan total anggaran Rp 2,9 miliar saat pandemi Corona masih terjadi. Dia berterima kasih atas kepedulian semua pihak terhadap isu ini.

"Sekali lagi atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat kami menyampaikan permohonan maaf dan terima kasih atas kepedulian kita semua," kata dia.

(haf/haf)