2 Pendaki Hipotermia-Meninggal di Gunung Bawakaraeng Ketinggalan Rombongan

Hermawan Mappiwali - detikNews
Rabu, 18 Agu 2021 14:25 WIB
Gowa -

Dua pria pendaki yang mengalami hipotermia dan meninggal di Gunung Bawakaraeng, Sulawesi Selatan (Sulsel), ketinggalan rombongan saat perjalanan turun. Keduanya ditemukan tewas tergeletak di Pos 7 dan Pos 6 jalur pendakian.

"Dua orang yang meninggal ini 1 rombongan," ujar Kasi Ops Basarnas Makassar Rizal saat dihubungi detikcom, Rabu (18/8/2021).

Menurut Rizal, rombongan kedua korban total berjumlah delapan orang. Kemudian setelah perayaan HUT RI ke-76, rombongan korban mulai turun dari puncak Gunung Bawakaraeng pada Selasa (17/8). Namun karena cuaca ekstrem, rombongan ini terpisah-pisah dalam perjalanan turun.

"Mereka rombongan, ada delapan orang satu rombongan, cuma terpisah-pisah mereka," ucap Rizal.

Rizal mengatakan kedua korban meninggal pada akhirnya setelah ditinggal oleh rekan-rekannya. Masing-masing korban tersebut ditemukan di dua titik.

"Antara Pos 7 untuk korban pertama, kemudian untuk korban kedua antara Pos 6 dan Pos 5," ucap Rizal.

Rizal mengungkapkan kedua korban sudah dalam kondisi meninggal saat pertama kali ditemukan. Masing-masing dari korban meninggal ditemukan seorang diri alias telah tertinggal dari enam rekannya.

"Informasinya sih korbannya tergeletak di jalur pendakian. Jadi memang sudah ditemukan sama tim itu, diinformasikan ke kita itu sudah dalam kondisi meninggal di jalur," kata Rizal.

"Iya (korban meninggal ditemukan seorang diri), karena sudah ditinggal sama teman-temannya yang lain. Mereka kan 8 orang, hanya terpisah," katanya.

Rizal menyebut enam orang yang menjadi rombongan korban tersebut telah tiba di kaki gunung, area Camp Lembanna. Selanjutnya enam orang itu disebut tengah dimintai keterangan oleh polisi.

"Enam orang lainnya ini sudah ada di bawah dia, sudah di Lembanna, sudah ada di posko di bawah," katanya.

"Ini sekarang sudah ditangani sama Polsek mereka. Iya (dimintai keterangan)," pungkas Rizal.

(hmw/nvl)