Kapolri: 1,5 Juta Warga DKI Divaksin COVID-19 dari Vaksinasi Merdeka

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 18 Agu 2021 01:06 WIB
Kapolri Pimpin Penghormatan ke Nakes
Foto: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Yogi-detikcom)
Jakarta -

Program vaksinasi merdeka yang digalakkan oleh Polda Metro Jaya disebut membuahkan hasil. Terhitung ada 1,5 juta warga DKI Jakarta yang telah divaksin COVID-19 dosis pertama selama pelaksanaan vaksinasi merdeka.

"Alhamdulillah kita bisa mencapai target 1,5 juta sekian. Kali ini Presiden beri target akhir bulan tembus 2 juta," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (17/8/2021).

Capaian itu disampaikan Sigit di acara Malam Apresiasi Relawan Vaksinasi Merdeka. Dalam acara tersebut turut hadir Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahajanto, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen Mulyo Aji.

Program vaksinasi merdeka digelar sejak 1 Agustus hingga 17 Agustus 2021. Lewat program itu ditargetkan 100 persen masyarakat Jakarta telah divaksin COVID-19 dosis pertama.

Menurut Sigit, target itu telah terpenuhi. Bahkan, dari data yang diterima, angka 100 persen vaksinasi dosis pertama itu bisa tercapai pada 8 Agustus 2021 kemarin.

"Saat itu kita launching beliau (Kapolda Metro Jaya) sampaikan bahwa tanggal 17 Agustus diharapkan bisa tembus vaksin pertama 100 persen. Alhamdulillah kita tagih belum tanggal 17, pada 8 Agustus tembus 100 persen dan saat ini masuk vaksin tahap dua kurang lebih 50 persen," ungkap Sigit.

Sigit menyebut keberhasilan dari program vaksinasi merdeka didasarkan atas kemampuan organisasi dan keterlibatan banyak elemen. Dari gerai vaksin yang tertera di 900 RW, ada 3.000 relawan yang berhasil direkrut.

Atas keberhasilan program tersebut, Sigit pun mengimbau banyak pihak mengikuti jejak Polda Metro Jaya lewat program vaksinasi merdeka tersebut.

"Ini bukan capaian akhir, tapi batu lompatan untuk mengejar target dari bapak Presiden untuk mewujudkan herd immunity 70 persen. Masyarakat Indonesia harus bisa tervaksinasi dan kegiatan ini sudah saya perintahkan kepada seluruh wilayah untuk melakukan replikasi mengadopsi yang dilaksanakan Polda Metro Jaya," pungkas Sigit.

(ygs/dwia)