Round-Up

Serba-serbi HUT Ke-76 RI, Bangkit Melawan Pandemi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 17 Agu 2021 20:03 WIB
Pegiat lingkungan di Kabupaten Bandung kenakan APD dalam peringatan HUT ke-76 RI, sebagai bentuk dukungan kepada nakes.
Pegiat lingkungan di Kabupaten Bandung mengenakan APD dalam peringatan HUT ke-76 RI. (Muhammad Iqbal/detikcom)
Jakarta -

Peringatan hari ulang tahun ke-76 Republik Indonesia (HUT ke-76 RI) menggema di seantero Indonesia. Beragam cara dilakukan dalam merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia, mulai upacara menggunakan alat pelindung diri (APD), topi COVID-19, hingga pengibaran bendera Merah-Putih di bawah laut.

Di Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengikuti upacara di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021). Presiden Jokowi mengenakan busana adat Lampung, sementara Wapres Ma'ruf mengenakan pakaian adat Sunda dari Sukabumi, Jawa Barat.

Presiden Jokowi menyampaikan pesan penting di peringatan HUT Ke-76 RI. Jokowi mengajak semua pihak bergotong royong.

Pesan penting tersebut disampaikan Jokowi melalui akun Instagram @jokowi, sebagaimana dilihat detikcom. Jokowi berharap Indonesia tangguh melewati berbagai cobaan.

"INDONESIA TANGGUH, INDONESIA TUMBUH. Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, bisa kita capai dengan bahu-membahu, saling bergandeng tangan, dan bergotong-royong dalam satu tujuan. Tangguh dalam menghadapi pandemi, tangguh melalui berbagai ujian, dan terus tumbuh dalam menggapai cita-cita bangsa," tulis Jokowi

Jokowi juga ingin bangsa Indonesia terus tumbuh. Dia berdoa segala upaya dimudahkan Tuhan Yang Mahakuasa.

"Semoga Tuhan Yang Mahakuasa senantiasa meridai dan mempermudah upaya bangsa Indonesia meraih Indonesia Maju yang kita cita-citakan," kata Jokowi.

"Dirgahayu Republik Indonesia! Dirgahayu Negeri Pancasila! Merdeka!" ujar Jokowi.

Tak jauh berbeda, Wapres Ma'ruf berpesan agar Indonesia tetap tangguh menghadapi pandemi ini. Ma'ruf meminta semua masyarakat menanamkan sikap optimisme untuk bangkit dan tumbuh sesuai cita-cita bangsa.

"Dan ketika sekarang kita sedang menghadapi pandemi sesuai dengan temanya, yaitu kita harus tangguh menghadapi gangguan ini, musibah ini, tapi kita juga optimistis punya semangat untuk bangkit, untuk tumbuh, dan sesuai dengan cita-cita kita, terus mengejar Indonesia maju," tutur Ma'ruf.

Baca serba-serbi HUT ke-76 RI di halaman berikutnya.