Kemlu Tepis Informasi Legislator PPP soal Komunikasi Diam-diam RI-Taliban

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 17 Agu 2021 16:27 WIB
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah
Jubir Kemlu RI Teuku Faizasyah (Foto: dok. Kemlu)
Jakarta -

Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PPP Syaifullah Tamliha mengaku mendapat informasi yang menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) diam-diam menjalin komunikasi dengan pimpinan Taliban di Doha, Qatar. Apa benar?

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI menjelaskan Indonesia sejak 2019 tergabung dalam Troika Plus. Troika Plus adalah kumpulan negara yang bersama-sama mencari solusi damai atas konflik pemerintah Afghanistan dengan Taliban.

"Indonesia ikut dalam proses yang disebut dengan Troika Plus. Melalui kesertaan tersebut, Indonesia berkesempatan berkomunikasi dengan para pihak yang berseberangan, yaitu Republik Afghanistan dan Taliban," kata juru bicara Kemlu Teuku Faizasyah saat berbincang dengan detikcom, Selasa (17/8/2021).

"Troika itu disponsori oleh Qatar dan kita merupakan salah satu negara yang diundang," imbuhnya.

Faizasyah tak menampik bila dikatakan bahwa negara-negara yang tergabung dalam Troika Plus, seperti Jerman dan Norwegia, juga berkomunikasi dengan Taliban.

"Adalah satu keniscayaan bila negara-negara yang ikut serta dalam dialog tersebut berinteraksi dan berbicara dengan pihak-pihak yang terlibat, termasuk Taliban. Jadi dengan demikian, sejak beberapa waktu lalu, sudah ada komunikasi, tapi dalam proses atau track yang berbeda," terang Faizasyah.

Lebih lanjut Faizasyah mengingatkan, Direktur Jenderal (Dirjen) Asia Pasifik dan Afrika Kemlu, Abdul Kadir Jailani, beberapa hari lalu juga sempat komunikasi dengan pimpinan Taliban secara virtual.

"Kemudian secara terpisah, beberapa hari lalu dirjen di Kemlu, Pak Abdul Kadir, ada berdialog dengan pihak Taliban. Komunikasi ini juga bisa dilihat sebagai bagian dari proses Troika Plus. Silakan dicek di akun tweet-nya Pak Kadir," sebutnya.

Baca selengkapnya di halaman berikutnya.

Simak juga Video: Nekat Gelantungan di Pesawat, 3 Orang Afghanistan Tewas Terjatuh

[Gambas:Video 20detik]