Mengenal Sejarah Lambang Garuda Pancasila Lewat Rumah Digital Indonesia

ADVERTISEMENT

Mengenal Sejarah Lambang Garuda Pancasila Lewat Rumah Digital Indonesia

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Selasa, 17 Agu 2021 12:26 WIB
Lambang Garuda Pancasila (Foto: Tangkapan layar video di Rumah Digital Indonesia)
Foto: Lambang Garuda Pancasila (Foto: Tangkapan layar video di Rumah Digital Indonesia)
Jakarta -

Siapa yang tak tahu lambang Garuda Pancasila. Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika merupakan lambang negara Indonesia.

Sejarah mengenai lambang Garuda Pancasila berawal dari Indonesia yang belum memiliki lambang negara meski telah 4 tahun merdeka. Akhirnya, pada 20 Desember 1949, Presiden ke-1 RI Sukarno menunjuk Sultan Hamid II sebagai Menteri Negara untuk merancang lambang negara.

Sultan Hamid pun kemudian membentuk Panitia Lambang Negara yang diketuai Moh Yamin dan beranggotakan Ki Hajar Dewantara, Mohammad Nasir, MA Pellaupessy, dan Purbatjaraka. Mereka bertugas menyeleksi rancangan lambang negara yang digelar pemerintah.

Saat itu, karya Sultan Hamid II dan Moh Yamin lah yang terpilih. Namun, pemerintah menolak rancangan itu lantaran dinilai mengandung simbol-simbol Jepang.

Hamid pun lantas membuat rancangan baru. Dia menggambar figur Burung Garuda berdasar masukan Ki Hajar Dewantara yang mengumpulkan gambar mitologi Garuda dari beberapa candi di Nusantara. Rancangannya pun kemudian diterima pemerintah dan pada 11 Februari 1950, Garuda Pancasila ditetapkan sebagai lambang negara Indonesia.

Sukarno kemudian menyempurnakan sketsa Garuda Pancasila karya Hamid. Salah satunya mengganti pita merah dalam sketsa dengan pita Bhinneka Tunggal Ika dalam cengkeraman Garuda.

Lambang Garuda Pancasila yang kini ada di setiap dinding sekolah juga menyimpan makna-makna tersembunyi lho. Misalnya, jumlah helai bulu pada sayap, ekor dan leher Garuda yang melambangkan tanggal Proklamasi Kemerdekaan.

Penasaran dengan sejarah lambang Garuda Pancasila dan makna-makna di baliknya?

Yuk segera tonton videonya yang disajikan lewat animasi menarik di Rumah Digital Indonesia. Caranya mudah. Kamu bisa mengunjungi www.rumahdigitalindonesia.id. Kemudian, klik peta dan Ruang Komunitas. Video 'Lambang Garuda' bisa kamu temukan di Cerita Indonesia.

Oh iya, selain sejarah 'Lambang Garuda', masih banyak konten menarik di Rumah Digital Indonesia yang akan hadir selama bulan kemerdekaan untuk menemanimu merayakan kemerdekaan di rumah saja lho. Karena itu, segera kunjungi Rumah Digital Indonesia, yuk!

(mae/haf)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT