Jokowi Minta Harga PCR Turun, Bobby Soroti Layanan Tes-Limbah di Medan

Datuk Haris - detikNews
Senin, 16 Agu 2021 16:02 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan agar harga tes PCR diturunkan. Jokowi meminta agar biaya tes PCR di kisaran Rp 450-550 ribu.
Ilustrasi limbah bekas tes PCR (Foto: Antara Foto)
Medan -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan agar harga tes Corona metode polymerase chain reaction (PCR) diturunkan menjadi kisaran Rp 450-550 ribu. Wali Kota Medan, Bobby Nasution, menyoroti soal standar pelayanan penyedia tes PCR.

"Ya ini selalu kita sampaikan juga, salah satunya bagaimana penyediaan jasa ini harus memenuhi beberapa standar, termasuk tadi standar harga mungkin yang disampaikan," kata Bobby di gedung DPRD Medan, Senin (16/8/2021).

Menurutnya, selain soal harga, penyedia jasa tes PCR juga harus menjaga standardisasi pelayanan yang diberikan. Dia juga meminta limbah medis diperhatikan.

"Standar ini bukan hanya standar harga saja, tapi standar-standar pelayanannya juga harus diberikan. Begitu juga dengan standar limbah yang terus harus kita perhatikan. Nah ini beberapa standar ini memang harus diikuti," katanya.

Bobby mengatakan ada beberapa penyedia jasa tes swab PCR yang tidak mengikuti beberapa standar. Akhirnya, penyedia jasa itu ditindak tegas oleh petugas.

"Dan pemantauan kita yang selalu kita sampaikan misalnya dari beberapa waktu lalu, ada berapa penyedia jasa PCR, yang tidak mengikuti beberapa standar, sudah pernah dilihat ada penindakannya dan selalu kita sampaikan PCR ini tes untuk mengecek di tubuh kita ini ada virus atau tidak," ujar Bobby.

Dia meminta persoalan tes PCR ini tidak dipermainkan karena berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan masyarakat. Padahal testing adalah salah satu upaya penanganan dalam pandemi selain tracing dan treatment.

"Jadi, jangan alat cek ini dimain-mainkan harganya, main-mainkan keasliannya, main-mainkan limbahnya. Karena semua itu berpotensi pada keinginan masyarakat kita untuk dites. Yang paling bahaya itu, ketika semua dipermainkan, tingkat keinginan kita untuk di-testing itu jadi rendah dan susah untuk di testing. Standar harga, Ini juga standar pelayanan, ini harus diikuti," ucap Bobby.

Jokowi Minta Harga Tes PCR Turun

Presiden Jokowi memerintahkan agar harga tes Corona metode PCR diturunkan. Jokowi meminta agar biaya tes PCR di kisaran Rp 450-550 ribu.

"Saya sudah berbicara dengan Menteri Kesehatan mengenai hal ini, saya minta agar biaya tes PCR berada di kisaran antara Rp 450.000 sampai Rp 550.000," kata Jokowi dalam keterangannya melalui kanal YouTube Setpres, Minggu (15/8).

Jokowi juga meminta hasil tes PCR Corona dapat diterima dengan cepat, yaitu sehari kemudian.

Jokowi mengatakan salah satu cara menangani pandemi COVID-19 ialah memperbanyak testing atau pemeriksaan. Penurunan harga tes PCR diharapkan bisa memperbanyak testing.

(jbr/jbr)