ADVERTISEMENT

Polisi Bubarkan Paksa Massa KNPB di Jayapura Tuntut Pembebasan Victor Yeimo

Wilpret Siagian - detikNews
Senin, 16 Agu 2021 15:58 WIB
Massa KNPB tuntut pembebasan Victor Yeimo di Jayapura dibubarkan paksa. (Wilpret/detikcom)
Foto: Massa KNPB tuntut pembebasan Victor Yeimo di Jayapura dibubarkan paksa. (Wilpret/detikcom)
Jayapura -

Personel Polres Jayapura membubarkan secara paksa massa Komite Nasional Papua Barat (KNPB) yang berunjuk rasa menuntut pembebasan Victor Yeimo. Aksi demo itu dilakukan tanpa mengantongi surat izin.

Aksi demo KNPB itu berlangsung di dua titik yakni di area kampus Uncen distrik Abepuran dan Perumnas III Waena Distrik Heram, Kota Jayapura, Senin (16/8/2021)

"Aksi demo yang dilakukan KNPB itu tidak sesuai aturan yang dikeluarkan Pemerintah Kota Jayapura yang melarang aksi demo selama masa pandemi COVID-19, jadi kita bubarkan," ujar Kapolresta Jayapura Kota, Kombes Gustav R. Urbinas di Jayapura, Senin (16/8/2021).

Urbinas menjelaskan, Aksi demo Dbubarkan dan meminta untuk kelompok tersebut membubarkan diri, sehingga tidak mengganggu aktivitas masyarakat dan juga khayalak umum lainnya.

Di tengah pandemi COVID-19 saat ini pemerintah sudah jelas melarang adanya aksi-aksi pengejaran massa, termasuk di dalamnya aksi demo. Jadi apapun Alasannya tidak diperbolehkan demo saat ini.

Saat dilakukan pembubaran, massa pendemo sempat melakukan perlawanan terhadap aparat keamanan, sehingga dilakukan tindakan tegas dengan paksa dengan menggunakan siraman water canon.

"Saat kami bubarkan mereka melawan sehingga anggota harus mengambil tindakan tegas untuk memukul mundur kelompok tersebut, sehingga tidak menimbulkan kegaduhan di masyarakat," tegas Kombes Gustav Urbinas.

Sementara itu dari kelompok KNPB melalui katuanya, Agus Kosay mengatakan aksi demo yang dilakukan adalah untuk menuntut pembebasan Victor Yeimo yang ditangkap Polisi atas kasus kerusuhan 2019, dimana Victor Yeimo dituduh sebagai pelaku utama.

Saat dilakukan pembubaran pihak KNPB sempat bertahan sehingga dilakukan tindakan paksa.

(nvl/nvl)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT