DKI Tunggu Keputusan Pemerintah Pusat soal Nasib PPKM Level 4

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 16 Agu 2021 15:18 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Rakha/detikcom)
Jakarta -

Jakarta diusulkan turun level PPKM karena dinyatakan keluar dari zona merah. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan keputusan perpanjangan PPKM ada di tangan pemerintah pusat.

"Ini hari terakhir PPKM Level 4, kita tunggu pengumuman pemerintah pusat apakah PPKM diperpanjang dengan level 4, atau tidak atau bagaimana," kata Riza kepada wartawan, Senin (16/8/2021).

Politikus Gerindra itu mengakui penularan COVID-19 semakin menurun membuat Jakarta keluar dari zona merah. Bahkan, perlahan-lahan bergerak menuju zona hijau.

Di sisi lain, pihaknya masih menunggu pengumuman pemerintah pusat apakah PPKM level 4 diperpanjang atau malah diturunkan ke level 3. Prinsipnya, lanjut Riza, Pemprov DKI menjalankan keputusan pemerintah pusat.

"Kami Pemprov akan laksanakan keputusan yang diambil pusat sesuai dengan kewenangan dan tugas kami memastikan kebijakan yang diambil dapat dilaksanakan dengan baik, penuh disiplin dan tanggung jawab," jelasnya.

Usulan Penurunan Level PPKM

Epidemiolog Griffith University Australia Dicky Budiman sebelumnya menyebut level PPKM di Jawa-Bali bisa diturunkan. Bahkan, untuk Jakarta bisa turun ke level 2.

"Saya kira untuk Jawa-Bali bisa turun untuk leveling-nya. Untuk Jakarta bahkan mungkin bisa turun ke 2," kata Dicky kepada wartawan, Minggu (15/8/2021).

Kendati demikian, dia mengingatkan bahwa indikator penurunan level juga harus dilihat. Indikator ini harus dilihat lebih detail lagi.

Dicky menyarankan agar PPKM diperpanjang lagi. Namun, di satu sisi, daerah-daerah yang kasusnya sudah melandai diturunkan levelnya.

Senada dengan Dicky, Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta Rani Mauliani berharap pemerintah dapat menurunkan level PPKM di Ibu Kota karena kasus Corona mulai turun. Melalui penurunan level, Rani memandang Pemprov DKI dapat melonggarkan aktivitas di beberapa sektor.

"Kalau saya pribadi berharap adanya penurunan level sih biar bisa bernafas memulai beberapa aktivitas," kata Rani kepada wartawan, Minggu (15/8/2021).

Rani menyebut pelaksanaan PPKM Level 4 dikatakan berhasil karena dapat menurunkan kurva pandemi COVID-19 di Ibu Kota. Ditambah lagi, Rani menyebut Jakarta sudah keluar dari zona merah COVID-19. Karena itu, dia menilai penurunan level PPKM layak dipertimbangkan.

(idn/idn)