Polisi Door to Door Sasar Warga yang Belum Vaksin di Jakpus

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 14 Agu 2021 19:42 WIB
Polsek Sawah Besar melaksanakan vaksin dari rumah kerumah untuk mempercepat target vaksinasi merdeka agar tercipta kekebalan komunal.
Polisi door to door vaksin warga di Sawah Besar, Jakpus (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Polisi melaksanakan vaksinasi secara door to door ke perumahan warga di Sawah Besar, Jakarta Pusat. Sasaran polisi adalah warga yang belum divaksin.

Kegiatan ini dilaksanakan di lingkungan RW 02, RW 05 dan RW 07 Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Polisi menggandeng sejumlah relawan sebagai vaksinator.

Vaksinasi door to door dilaksanakan siang tadi. Petugas ber-APD lengkap didampingi kepolisian mendatangi rumah warga satu per satu.

"Kegiatan vaksinasi door to door ini kami melayani warga masyarakat yang belum divaksin," kata Kapolsek Sawah Besar AKP Maulana Mukarom kepada wartawan, Sabtu (14/8/2021).

Polisi mendatangi warga, menanyakan alasan apa yang membuat warga tersebut belum divaksin. Beberapa di antaranya terkendala masalah kesehatan.

"Ada warga yang takut jarum suntik, ada yang memang punya komorbid," tuturnya.

Siang tadi total ada 20 warga yang berhasil disuntik vaksin COVID-19. Maulana berharap warga lain yang belum divaksin ikut program vaksinasi ini.

Program 'Vaksinasi Merdeka' ini digagas oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran. Polda Metro Jaya menargetkan 100 persen warga DKI Jakarta sudah divaksin COVID-19 pada Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus nanti.


Penempelan Stiker

Sebagai upaya pendataan terhadap warga yang belum divaksin, Polsek Sawah Besar juga melaksanakan kegiatan penempelan stiker di rumah warga yang sudah divaksin.

"Kegiatan ini kita laksanakan agar tetangganya merasa ada feeling guilty kalau sebelah sudah divaksin, nah ini belum divaksin, ya untuk memotivasi juga agar yang belum vaksin karena alasan takut, tidak perlu takut, vaksin aman," jelas Maulana.

(mea/idh)