Round-Up

Misteri Duit Rp 797 Juta Dipakai Anak Nurdin Abdullah Beli Jetski Disoal KPK

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 14 Agu 2021 09:59 WIB
Anak kandung Gubernur Sulsel nonaktif Nurdin Abdullah, Fatul Fauzi Nurdin alias Uji saat menjadi saksi sidang kasus suap. (Hermawan/detikcom)
Anak kandung Gubernur Sulsel nonaktif Nurdin Abdullah, Fatul Fauzi Nurdin alias Uji, saat menjadi saksi sidang kasus suap. (Hermawan/detikcom)

Misteri Uang yang Dipakai Beli Jetski Rp 797 Juta

Di persidangan, kepala cabang bank BUMN di Makassar, Ardi, disebut-sebut sebagai orang yang mengatur pembayaran untuk Irham Samad. Namun Ardi belum bersaksi di persidangan.

Yang baru dihadirkan di persidangan ialah bawahan Ardi, yakni koordinator teller atas nama Asriadi. Dia mengungkapkan Ardi melakukan pembayaran Rp 797 juta untuk pembelian jetski dan speedboat dari uang Rp 2 miliar yang sebelumnya pernah disetorkan oleh seorang pria yang Asriadi sendiri tak mengenalnya.

Sementara itu, jaksa KPK Zaenal Abidin mengungkap adanya dugaan penerimaan gratifikasi yang dialihkan ke pembelian jetski oleh Nurdin Abdullah. Termasuk pembelian speedboat dua unit.

"Dari fakta persidangan ini, adanya penerimaan gratifikasi yang kemudian dialihkan kepada pembelian jetski dan pembelian speedboat sebanyak dua unit juga," ucap Zaenal Abidin seusai persidangan.

Sementara itu, terkait adanya aliran dana Rp 2 miliar, Zaenal Abidin mengatakan alirannya akan terungkap di persidangan berikutnya.

"Untuk yang Rp 2 miliar nanti kita ungkap pada sidang berikutnya. Tapi yang jelas itu sudah diakui saksi tadi, termasuk anak Pak Nurdin tadi. Uji mengatakan dia sendiri tak tahu pemberian dari mana," ucap Zaenal Abidin.


(hmw/nvl)