detikcom Do Your Magic

Tiang Makan Jalan Ciputat Belum Dipindah, Warga: Jangan Tunggu Ada Korban

Athika Rahma - detikNews
Jumat, 13 Agu 2021 19:30 WIB
Warga menghindari tiang listrik, telepon maupun kabel serat optik yang berada di badan jalan di Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Sabtu (30/5/2020). Tiang tersebut berada di badan jalan usai proyek pelebaran jalan, pertengahan 2018 lalu. Namun hingga kini belum ada proses pemindahan tiang sehingga membahayakan pengguna jalan. Selain itu, keberadaan tiang tersebut membuat pelebaran jalan belum efektif karena ada penyempitan ruang.
Tiang makan badan jalan di Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangsel (Ari Saputra/detikcom)
Tangsel -

Warga meminta Pemerintah Kota Tangerang Selatan segera menertibkan tiang-tiang yang makan badan jalan di sepanjang Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangerang Selatan. Hal ini karena keberadaan tiang tersebut membahayakan pengguna jalan.

Beberapa kecelakaan disaksikan warga terjadi di lokasi tiang-tiang tersebut. Tentunya hal ini membuat warga resah. Mereka meminta Pemkot Tangsel segera bertindak.

"Jangan sampai tunggu ada korban dulu baru dibenarkan. Ini sudah mengganggu, sejak saya rutin sepedaan di sini. Kurang tahu persisnya, 2017 atau 2018," kata seorang pesepeda yang melewati lintasan tersebut, Deny Arief (50), kepada detikcom, Jumat (13/8/2021).

Dia khawatir terhadap tiang-tiang yang menghalangi lintasannya, apalagi tidak ada jalur sepeda di sana.

"Bukan cuma buat pesepedalah, saya kira buat semua kendaraan juga. Apalagi kalau sepeda kan nggak ada spionnya, kita perhatikan ke depan ada tiang, ke belakang ada motor atau mobil nggak tahu kita," ujarnya.

Warga lainnya, Sapta (23), mengatakan belum ada tindakan dari pemerintah yang diambil untuk menangani tiang-tiang ini. Beberapa kali dia menyaksikan pengendara motor ataupun mobil membentur tiang.

"Orangnya nggak kenapa-kenapa, tapi kendaraannya penyok, rusak," ujarnya.

Tiang kabel makan badan jalan di Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangerang Selatan. 13 Agustus 2021. (Athika Rahma/detikcom)Tiang kabel makan badan jalan di Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangerang Selatan. 13 Agustus 2021. (Athika Rahma/detikcom)

Sapta berharap pemerintah segera mengambil tindakan konkret untuk masalah ini karena, jika tiang itu dibiarkan, urusan nyawa dapat jadi taruhan.

"Masak mau nunggu, istilah kasarnya, ada orang mati dulu baru dibetulin. Masa kayak gitu?" katanya.

Adapun tiang-tiang ini sudah berdiri 'makan' jalan sejak proyek pelebaran jalan pada 2018. Sampai sekarang, belum ada tindakan pemindahan tiang-tiang ini.

(dnu/dnu)