detikcom Do Your Magic

Jembatan Gantung Srengseng Sawah Akan Ditutup? Bina Marga Akan Kaji Dulu

Athika Rahma - detikNews
Jumat, 13 Agu 2021 16:20 WIB
Jembatan gantung bak film Indiana Jones di Srengseng Sawah Jaksel-Depok, 16 Juni 2021. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
Jembatan gantung bak film 'Indiana Jones' di Srengseng Sawah Jaksel-Depok, 16 Juni 2021. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
Jakarta -

Jembatan gantung di pojok Jakarta Selatan ini sudah lapuk. Dinas Bina Marga DKI mewacanakan agar jembatan ini ditutup saja. Kendati begitu, wacana itu tidak akan serta-merta dieksekusi.

Jembatan gantung itu terletak di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, berbatasan dengan Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Untuk mengambil keputusan apakah jembatan itu akan ditutup atau diperbaiki, Bina Marga DKI akan mengadakan rembuk dulu dengan warga setempat.

"Kajian akan dilakukan oleh tim kita bersama aparat wilayah dan tokoh masyarakat," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Hari Nugroho kepada wartawan, Jumat (13/8/2021).

Jembatan penyeberangan orang tersebut melintang di Kali Ciliwung yang memisahkan wilayah Jakarta dengan Jawa Barat. Warga setempat masih menggunakan jembatan itu meski kondisi jembatan tali baja dan seng itu sudah lapuk.

"Sudah ada jembatan di sebelahnya yang kita bangun," kata Hari.

Lokasi jembatan gantung Srengseng Sawah yang ada pada jarak 500 meter ke selatan dari Jembatan Wiratman Karkasa yang sudah diperbaiki pada 2018. (Google Map)Lokasi jembatan gantung Srengseng Sawah yang ada pada jarak 500 meter ke selatan dari Jembatan Wiratman Karkasa yang sudah diperbaiki pada 2018. (Google Maps)

Bila tidak ingin melewati jembatan gantung dengan permukaan seng lapuk ini, warga Srengseng Sawah bisa lewat Jembatan Wiratman Karkasa yang lebih kokoh. Jembatan inilah yang disebut Hari Nugroho sebagai jembatan yang sudah dibangun. Jembatan itu selesai dibangun pada 2018.

Namun jarak antara jembatan gantung yang lapuk dan Jembatan Wiratman Karkasa itu sekitar 500 meter ke utara. Belum lagi bila tujuan warga adalah sisi selatan jembatan, maka warga perlu berjalan lagi sekitar 1 km supaya mencapai tujuan di bagian selatan jembatan gantung lapuk ini.



Simak Video "Sensasi Menapaki Jembatan Gantung 'Indiana Jones' di Srengseng Sawah"
[Gambas:Video 20detik]
(dnu/dnu)