Gunung Bawakaraeng Gowa Ditutup untuk Pendaki Jelang 17 Agustus

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Jumat, 13 Agu 2021 14:59 WIB
15 ribu orang mendaki Gunung Bawakaraeng Gowa untuk rayakan HUT ke-75 RI.
Ilustrasi. Pendaki di Gunung Bawakaraeng (Foto: dok. Istimewa)
Gowa -

Polres Gowa menutup izin jalur pendakian ke Gunung Bawakaraeng menjelang hari Kemerdekaan Indonesia ke-76. Penutupan izin pendakian ini lantaran Kabupaten Gowa masuk dalam kategori PPKM level 3.

"Mengimbau kepada seluruh pencinta alam yang berencana akan merayakan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 di Gunung Bawakaraeng dan Danau Tanralili di Kabupaten Gowa tidak memaksakan kehendak," kata Kasubag Humas Polres Gowa AKP M Tambunan dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (13/8/2021).

Selain Gunung Bawakaraeng, wisata Danau Tanralili juga ditutup. Imbauan dan larangan mengunjungi lokasi wisata tersebut berdasarkan surat edaran Bupati Gowa Nomor: 443/207/Tapem tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 3 masa pandemi COVID-19 pada butir 15.

"Untuk mengantisipasi antusiasme wisatawan, khususnya para pencinta alam, jajaran Polres Gowa melalui Polsek Tinggimoncong dan Polsek Tompobulu bersama aparat gabungan Tim Satgas COVID-19 telah mendirikan empat posko penyekatan di berbagai jalur poros maupun jalur alternatif," terangnya.

"Kepada seluruh masyarakat diimbau tidak memaksakan kehendak melakukan kunjungan wisata baik melalui jalan poros maupun jalan alternatif ke wilayah wisata di Kabupaten Gowa karena tim gabungan akan memutarbalikkan," imbuhnya.

Kabupaten Gowa saat ini untuk sementara memberlakukan perpanjangan PPKM skala mikro. Pihak Polres Gowa meminta seluruh lapisan masyarakat menaati aturan yang berlaku dan tidak segan-segan akan memutar balik seluruh pengunjung jika memaksakan kehendak melakukan kunjungan wisata.

"Daripada Anda tetap diputarbalikkan saat akan memasuki lokasi wisata di Kecamatan Tinggimoncong, sebaiknya urungkan niat melakukan ekspedisi ke Gunung Bawakaraeng dan Danau Tanralili karena hari ini Jumat, 13 Agustus 2021, posko penyekatan telah didirikan dan tim gabungan mulai bertugas," ucapnya.

(tfq/nvl)