Zulhas Bicara COVID di Tahun Baru Islam: Setiap Penyakit Ada Obatnya

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 13 Agu 2021 03:24 WIB
PAN adakan doa bersama untuk peringati tahun baru Islam
Foto: dok. istimwa
Jakarta -

DPP Partai Amanat Nasional (PAN) menggelar tablig akbar dan doa bersama seluruh kader se-Indonesia sekaligus untuk memperingati Tahun Baru Islam 1443 H. Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) mengutip hadis nabi soal setiap penyakit pasti ada obatnya.

Doa bersama tersebut diberi nama Munajat Untuk Indonesia Sehat, yang diselenggarakan secara online, Kamis (12/8/2021). Zulhas mengikuti acara dari kantor DPP PAN di Jakarta Selatan.

Acara ini diikuti oleh 34 DPW dan 514 DPD PAN se-Indonesia. Total kader yang mengikuti doa bersama ini disebut mencapai 10.000, hingga berhasil mendapatkan rekor MURI kategori tablig akbar online dengan peserta terbanyak.

"Acara ini diikuti oleh 34 DPW dan 514 DPD se-Indonesia. Di masing-masing DPD dihadiri 10-20 orang. Total bisa mencapai 10.000 kader yang mengikuti kegiatan ini. Alhamdulillah MURI memberikan apresiasi berupa rekor," kata ketua pelaksana acara yang juga Ketua Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani dalam keterangan tertulisnya.

Zulhas mengapresiasi para kader PAN yang antusias mengikuti acara. Tetapi, menurutnya, bukan rekornya yang penting, melainkan kemauan untuk berdoa meminta pertolongan Tuhan Yang Maha Esa agar Indonesia segera terbebas dari pandemi COVID-19.

"Indonesia ini negara berketuhanan. Jadi, selain ikhtiar lahiriah, kita juga tak boleh melupakan ikhtiar batiniah. Selain berusaha, harus juga minta pertolongan kepada Allah SWT. Hari ini kita melakukan sesuatu yang harus dilakukan, menggelar doa bersama, sekaligus memperingati Tahun Baru Islam 1443 H," ucap Zulhas.

Tabligh akbar dan doa bersama itu berlangsung selama kurang lebih 1,5 jam. Hadir memberikan tausiah utama adalah Ustaz Das'ad Latief, yang memberikan ceramah dari DPW PAN Sulsel di Makassar.

Hadir pula ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur, Ustaz Tafsir, yang online dari DPW PAN Jateng. Di Jakarta, ada Habib Mahdi Assegaf, KH Abah Raodl Bakry, Ustaz Jeje Zaenuddin, Ustaz Fahmi Salim, Ustaz Slemet Maarif dan lainnya.

Zulhas meyakini virus Corona yang menyebar di banyak negara di dunia ada yang menciptakan. Namun, dengan mengutip hadis nabi, Zulhas yakin setiap penyakit pasti ada obatnya.

"COVID-19 ini, sebagaimana segala sesuatu di alam semesta, ada penciptanya. Kita minta kepada pemilik alam semesta ini, Allah SWT, untuk membantu kita keluar dari ujian ini dan menjadi insan yang lebih baik," papar Zulhas.

"Kata Nabi, likulli da'in dawa-un, untuk setiap penyakit pasti ada obatnya. Kita minta kepada Allah agar diberikan petunjuk, kesehatan dan keselamatan untuk kita dan keluarga," sambung Wakil Ketua MPR RI itu.

Zulhas tak lupa menitipkan pesan untuk seluruh kader PAN. Dia meminta seluruh kader partai berlambang matahari putih untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi Corona.

"Bantu sesama untuk meringankan beban penderitaan akibat dampak COVID-19 ini. Perbanyak berbagi, berinfaq, bersedekah. Kalau bisa kerjakan sedekah subuh, cari orang-orang yang kesulitan. Jangan sampai kita gagal melewati ujian kolektif ini karena hanya berfikir keselamatan diri sendiri," begitu pesan Zulhas.

(zak/aik)