Surabaya PPKM Level Berapa? Ini Info Terbarunya

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 11 Agu 2021 17:29 WIB
Surabaya PPKM Level Berapa? Ini Info Terbarunya
Surabaya PPKM Level Berapa? Ini Info Terbarunya --kondisi kota Surabaya saat PPKM darurat (Foto: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya -

Kota Surabaya PPKM level berapa kembali menjadi pertanyaan. Diketahui ada sejumlah penyesuaian kategori level PPKM seiring diperpanjangnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali.

Diketahui aturan ini berlaku mulai 10 sampai 16 Agustus 2021 mendatang. Perubahan kategori level di berbagai daerah terjadi lantaran berbagai pertimbangan, salah satunya kondisi penularan COVID-19.

Lalu, Surabaya PPKM Level Berapa?

Surabaya kembali masuk kategori PPKM level 4 di masa perpanjangan PPKM Jawa-Bali yang akan berlangsung hingga 16 Agustus 2021. Hal ini tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Meski masih di kategori PPKM level 4, angka bed occupancy rate (BOR) di Surabaya mengarah pada progres yang lebih baik. BOR ruang isolasi khusus (RIK) kini sudah sekitar 60%, IGD pun sudah tidak ada antrean pasien COVID.

"BOR RIK Jatim sudah turun, bahkan sudah ada yang 50-60% RIK, kalau Surabaya sudah bagus 60-65%. Hampir sama Jatim secara keseluruhan maupun Surabaya khususnya. IGD juga sudah banyak yang kosong," kata Ketua Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) Jatim, dr Dodo Anando saat dihubungi detikcom, Rabu (11/8/2021).

Dodo menjelaskan salah satu faktor penurunan BOR COVID-19 di RS Jatim karena penerapan PPKM yang berjalan lebih dari satu bulan ini. Selain itu juga kesadaran masyarakat akan protokol kesehatan sudah lebih baik.

"Salah satu yang membantu adalah PPKM, salah satu yang memberikan kontribusi untuk penurunan ini adalah PPKM. Kedua mungkin masyarakat sudah sadar betul. Kesadaran masyarakat mau pakai masker. Yang jelas kita harus fair, PPKM ini menjadikan peran atau memberikan kontribusi penurunan ini," jelasnya.

Mal Surabaya Kembali Beroperasi

Setelah menjawab Surabaya PPKM level berapa, perlu diketahui juga bahwa mal atau pusat perbelanjaan kembali beroperasi di ibu kota Provinsi Jawa Timur tersebut. Ada 24 mal di Surabaya yang kembali dibuka.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja (APPBI) Jawa Timur Sutandi Purnomosidi mengatakan, ada sejumlah tenant yang masih belum boleh beroperasi.

"Bioskop masih belum boleh buka, tempat bermain anak juga tidak boleh, karena anak-anak di bawah 12 tahun tidak boleh masuk ke mal," ujar Sutandi di Pakuwon Mal, Selasa (10/8/2021).

Sutandi juga menjelaskan tempat makan yang tidak menyediakan ruang outdoor dilarang melayani pengunjung mal untuk makan di tempat.

"Dine in hanya berlaku untuk tenant atau restoran yang memiliki ruang outdoor. Kalau hanya indoor, hanya melayani take away," imbuhnya.

Diketahui pemerintah melakukan uji coba pembukaan mal di 4 daerah PPKM level 4 yakni Jakarta,Bandung, Surabaya, dan Semarang. Pengunjung dibatasai maksimal 25% dengan syarat menunjukkan bukti vaksinasi COVID-19 di aplikasi Pedulilindungi.

Pengunjung mal juga masih dibatasi. Anak-anak usia di bawah 12 tahun dan lansia di atas 70 tahun dilarang untuk masuk ke mal.

(izt/imk)