Resto Outdoor di DKI Boleh Dine In: Semeja 2 Orang, Maksimal 20 Menit

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Rabu, 11 Agu 2021 16:58 WIB
ilustrasi makan bersama
Ilustrasi (Foto: dok. Thinkstock)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan sejumlah aturan terkait PPKM level 4 hingga 16 Agustus mendatang. Salah satunya, restoran atau kafe yang berada di area terbuka kini diperbolehkan makan di tempat atau dine in.

Aturan itu tertuang dalam Kepgub No 974 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 Corona Virus Disease 2019 tertanggal 10 Agustus 2021 seperti dikutip Rabu (11/8/2021). Dalam Kepgub tersebut, Anies melonggarkan aturan restoran atau kafe yang berada di area terbuka.

Anies mengizinkan restoran atau kafe yang berada di ruang terbuka melayani makan di tempat atau dine in dengan maksimal satu meja dua orang. Akan tetapi waktu makan dibatasi maksimal hanya 20 menit.

"Satu meja maksimal 2 orang dan waktu makan maksimal 20 menit," bunyi Kepgub tersebut.

Tak hanya itu, pengunjung restoran atau kafe dalam area terbuka dibatasi maksimal 25 persen. Jam operasional pun hanya sampai pukul 20.00 WIB.

"Diizinkan buka dan jam operasional sampai pukul 20.00 WIB dengan kapasitas maksimal 25 persen," tulis Kepgub tersebut.

Kendati demikian, aturan makan di tempat itu tak berlaku bagi restoran atau kafe di area tertutup. Pemprov DKI hanya mengizinkan untuk dibawa pulang.

"Hanya menerima delivery (take away) dan tidak menerima makan di tempat," tulis kepgub itu untuk restoran atau kafe indoor.

Diketahui, pemerintah pusat mengumumkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2-4 di Jawa-Bali diperpanjang. Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan menyatakan PPKM level 2-4 diperpanjang hingga 16 Agustus.

"Atas arahan Presiden RI, PPKM 4, 3, 2, akan diperpanjang hingga 16 Agustus 2021," kata Luhut dalam siaran langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (9/8).

Luhut mengatakan perpanjangan PPKM ini dilakukan untuk menjaga momentum yang baik. Dia mengatakan penerapan PPKM level 2-4 sebelumnya sudah berjalan baik.

"Penerapan perpanjangan PPKM level 4, 3, dan 2 yang diterapkan sejak 2 Agustus hingga 9 Agustus di Jawa-Bali menunjukkan hasil cukup menggembirakan," katanya.

"Dari data yang didapat, penurunan terjadi hingga 59,6 persen dari puncak kasus di 15 Juli 2021 lalu," ucap dia.

Simak juga '100 Titik Penyekatan di DKI Akan Dihapus, Diganti 3 Aturan Baru':

[Gambas:Video 20detik]



(whn/imk)