KPK Geledah Rumah dan Kantor Terkait Kasus Dugaan Korupsi Pemkab Banjarnegara

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Rabu, 11 Agu 2021 15:24 WIB
Gedung baru KPK
Ilustrasi KPK (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

KPK menggeledah kantor PT SW di Purbalingga dan sebuah rumah kediaman di Purbalingga. Penggeledahan itu terkait dengan kasus dugaan pengadaan pada Dinas PUPR Pemkab Banjarnegara tahun 2017-2018.

"Hari ini (Rabu, 11/8/2021) tim penyidik mengagendakan penggeledahan di dua lokasi, yakni kantor PT SW di Jalan Yasadiwirya Penaruban, Kaligondang, Purbalingga, Jawa Tengah, dan sebuah rumah kediaman di Jalan Dipokusumo, Kelurahan Purbalingga Lor, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Rabu (11/8/2021).

Ali mengatakan saat ini tim penyidik masih melakukan penggeledahan di lokasi. KPK nantinya akan menyampaikan perkembangannya lebih lanjut.

"Tim penyidik saat ini masih berada di lapangan untuk melakukan kegiatan dimaksud," kata Ali.

"Perkembangan informasi dari kegiatan ini nanti akan kami informasikan kembali," sambungnya.

Sebelumnya, KPK memang sedang mulai mengusut kasus dugaan korupsi terkait pengadaan pada Dinas PUPR Pemkab Banjarnegara tahun 2017-2018. KPK menyebut ada dugaan gratifikasi dalam proses pengadaan di Pemkab Banjarnegara.

"KPK saat ini sedang melakukan kegiatan penyidikan dugaan TPK turut serta dalam pemborongan, pengadaan, atau persewaan pada Dinas PUPR Pemkab Banjarnegara tahun 2017-2018 dan penerimaan gratifikasi," ujar Ali Fikri kepada wartawan, Senin (9/8).

Namun Ali belum menjelaskan siapa tersangka dalam kasus ini. Dia mengatakan pengumuman tersangka segera dilakukan. Pihaknya juga meminta waktu agar penyidik bisa menuntaskan tugasnya.

"Mengenai kronologi kasus dan pihak-pihak yang dijadikan tersangka, KPK belum dapat mengumumkannya dan akan dilakukan saat penangkapan dan/atau penahanan terhadap tersangka," kata dia.

(rdp/dhn)