Anies Klaim Hentikan Reklamasi Cara Kurangi Penurunan Muka Tanah

Tiara Aliya Azahra - detikNews
Selasa, 10 Agu 2021 23:33 WIB

Strategi Anies Cegah Proyeksi Jakarta Tenggelam Jadi Kenyataan


Jakarta diprediksi akan tenggelam dalam beberapa waktu ke depan. Apa upaya yang dilakukan Anies agar proyeksi itu tak menjadi kenyataan?

Pertama, Anies mengatakan perlu ada upaya mencegah naiknya permukaan air laut. Menurut Anies, hal ini dapat dilakukan dengan metode pendekatan ilmiah yang memprioritaskan social justice and sustainability, seperti membangun sistem monitoring pencemaran air tanah.

"Sistem informasi ini memberikan data terbaru terkait dengan penurunan muka tanah di Jakarta," kata Anies.

Upaya selanjutnya yaitu mencegah terjadinya penurunan muka tanah (land subsidence). Merujuk pada jurnal Hiroshi Takagi dari Institute of Technology, Anies menegaskan pembangunan tanggul pantai tidak bisa mencegah laju penurunan muka tanah. Untuk itu, perlu ada upaya lebih masif dengan cara mengurangi pemakaian air tanah di lingkungan warga.

"Usaha ini itu didorong dengan memperbaiki ekstraksi air tanah yang masih tinggi dan mengganti dengan pemipaan lewat PAM Jaya. Karena itu di Jakarta kita kurangi pemakaian air tanah, dengan membangun kios-kios air di kawasan kampung untuk memberikan akses kepada warga agar bisa mendapatkan air bersih," jelasnya.

Tak hanya itu, Anies akan menindak tegas bagi perusahaan nakal yang menyedot air tanah secara ekstrem. Anies mengungkap di kawasan Sudirman-Thamrin, misalnya, hanya lima persen gedung pencakar langit yang menaati kebijakan air.

"Tapi biasanya kita tidak memeriksa yang raksasa, biasanya kita periksa yang kecil, sekarang yang raksasa harus berhadapan dengan aturan hukum dan mereka dapatkan penalti dan mereka harus koreksi," ungkapnya.

"Saya sering katakan bahwa pelanggaran itu ada dua. Ada melanggar karena kebutuhan, ada melanggar karena keserakahan dan penyedotan air di gedung tinggi adalah pelanggaran karena keserakahan. Efeknya dirasakan oleh kita semua," lanjut Anies.


(lir/lir)