Round-Up

4 Fakta Hari Pertama Uji Coba Mal Buka saat PPKM di Jakarta

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 10 Agu 2021 22:30 WIB
Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 masih terus berlangsung hingga 10 Agustus, namun kini sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta telah kembali buka beberapa tenan langsung diskon gede-gedean !
Ilustrasi mal. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah memutuskan melakukan uji coba pembukaan mal di empat kota selama perpanjangan PPKM level 4. Di hari pertama, pengunjung mal di Jakarta terbilang sepi.

Di Cilandak Townsquare (Citos) di Jakarta Selatan (Jaksel), sejumlah toko sudah buka, di antaranya yang menjual makanan dan minuman. Ada juga toko yang melayani makan dan minum di tempat.

Pantauan Selasa (10/8/2021), siang tadi, ada pengunjung yang hanya dicek suhu tubuh oleh pihak keamanan mal saat hendak masuk. Para pengunjung juga dianjurkan menggunakan hand sanitizer yang sudah disediakan di lobi utama.

Sesekali ada juga pengunjung yang menunjukkan sertifikat vaksinasi COVID-19 sebagai bukti sudah divaksinasi.

Seperti apa hari pertama uji coba pembukaan mal di Jakarta? Berikut fakta-faktanya:

Tunjukkan Bukti Vaksin

Mal Taman Anggrek termasuk mal yang buka dalam penerapan uji coba. Mal ini menerapkan 25 persen kapasitas untuk setiap pengunjung yang masuk.

Setiap pengunjung wajib menunjukkan bukti vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi. Sebelum masuk area mal, mereka diwajibkan men-scan barcode melalui aplikasi tersebut.

Advertising and Promotion Manager Mall Taman Anggrek Elvira Indriasari mengatakan setiap pengunjung yang masuk nantinya akan diverifikasi melalui aplikasi tersebut.

"Iya jadi kan memang mal sudah mulai buka, tapi harus cek kartu vaksin dari pemerintah, kita sudah galakkan PeduliLindungi itu. Nah nanti jadi ada semacam check in-check out memastikan mereka sudah verified, kalau mereka sudah (terverifikasi) bisa masuk," jelas Elvira saat dimintai konfirmasi, Selasa (10/8/2021).

Setiap akses pintu masuk mal juga telah dijaga oleh petugas yang siap mengecek pengunjung. Selain itu, setiap pengunjung yang hendak masuk diminta mengecek suhu tubuh mereka.

Pengunjung yang diperbolehkan masuk ke area mal hanya yang sudah tervaksin dan sebanyak 25 persen dari kapasitas mal. Jika ada pengunjung yang belum tervaksin, tetapi hendak masuk ke area mal, dia memastikan pengunjung tersebut tidak boleh masuk.

Bioskop Masih Ditutup

Pemprov DKI belum mengizinkan bioskop dibuka meski ada uji coba pembukaan mal. Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pelonggaran ini dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai aspek.

Salah satunya, tercapainya target 7,5 warga di Jakarta disuntik vaksinasi COVID-19 sebelum akhir Agustus.

"Ada beberapa unit kegiatan yang dibuka kembali seperti Mal 25 persen, salon juga di buka. Yang belum di buka itu bioskop, tempat main anak anak, yang ada di mal kemudian tempat ibadah juga dibuka 25 persen," kata Riza.

Riza memastikan pembukaan sejumlah unit usaha tetap berjalan dengan memperhatikan protokol kesehatan COVID-19 yang ketat.

"Tetap melaksanakan prokes secara disiplin dan baik, selain juga yang sebelumnya sudah dibuka yaitu pasar dan lain lain. Jadi kami minta masyarakat sekalipun ada penurunan cukup baik di Jakarta terkait penyebaran COVID-19 menurun kemudian vaksin juga baik, sudah melebihi dari target 7,5 juta di akhir Agustus tapi bisa dipenuhi di awal Agustus," imbuhnya.