Kunjungi Mal Kota Kasablanka, Menkes-Mendag-Wagub DKI Cek Penerapan Prokes

Tiara Aliya Azahra - detikNews
Selasa, 10 Agu 2021 16:11 WIB
Mendag, Menkes dan Wagub DKI tinjau uji coba pembukaan mal Kota Kasablanka, Selasa (10/8/2021).
Mendag, Menkes, dan Wagub DKI meninjau uji coba pembukaan Mal Kota Kasablanka. (Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah resmi melakukan uji coba pembukaan mal selama PPKM Level 4 di Jakarta. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memantau jalannya uji coba di mal Kota Kasablanka (Kokas), Jakarta Selatan.

Pantauan detikcom di lokasi, Selasa (10/8/2021) siang, Riza Patria bersama rombongan Pemprov DKI tiba lebih dulu di Mal Kota Kasablanka. Selang beberapa menit, Muhammad Lutfi menyusul.

Keduanya langsung berjalan menyusuri retail atau pertokoan di mal ini, mulai dari toko baju hingga toko makanan. Keduanya memastikan pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) COVID-19 dijalankan unit usaha.

Pantauan di lokasi, tak banyak toko yang buka. Hanya segelintir pengunjung yang berada di mal ini.

Tak lama berselang, Menkes Bugi Gunadi Sadikin tiba di lokasi. Mereka bertiga kemudian meninjau sentra vaksinasi COVID-19 di dalam mal.

Budi Gunadi Sadikin mengatakan pihaknya akan memantau pelaksanaan protokol kesehatan di mal. Uji coba ini juga dilakukan guna mencari protokol yang tepat untuk industri mal.

"Tujuan kita nyari prokes yang paling cocok untuk industri mal. Saya percaya kalau kita lakukannya nggak sendiri-sendiri. Saya percaya kita tidak saling menyalahkan, kami mencari titik temu dengan diskusi," kata Budi Gunadi di Mal Kota Kasablanka.

Sebagaimana diketahui, pemerintah mengatakan akan melakukan uji coba pembukaan mal atau pusat perbelanjaan selama masa perpanjangan PPKM level 3-4 di Jawa-Bali. Uji coba pembukaan mal dilakukan di sejumlah wilayah PPKM level 4.

"Pemerintah akan melakukan uji coba pembukaan secara gradual untuk mal, pusat perbelanjaan di wilayah dengan level 4 dengan memperhatikan protokol kesehatan," kata Menko Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, dalam konferensi pers yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, hari ini.

Dia mengatakan mal-mal itu akan dibuka dengan kapasitas 25 persen. Uji coba pembukaan mal dilakukan di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang.

"Uji coba pembukaan pusat perbelanjaan mal ini akan dilakukan di Kota Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang dengan kapasitas 25 persen selama seminggu ke depan," ucapnya.

(lir/lir)