Pemprov DKI Naikkan Target Vaksinasi COVID-19 Jadi 11 Juta Warga

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 10 Agu 2021 14:18 WIB
Ilustrasi Vaksin COVID-19
Ilustrasi Vaksin COVID-19 (Dok. Kaspersky)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta menetapkan target baru dalam capaian vaksinasi COVID-19. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan Pemprov DKI kini menargetkan 11 juta warga di Jakarta disuntik vaksin COVID-19.

"Dari target 8,8 juta, kami menambah target menjadi 11 juta agar bisa memastikan seluruh warga Jakarta mendapatkan vaksin," kata Riza Patria kepada wartawan, Selasa (10/8/2021).

Sebagai informasi, pada akhir Juli lalu, Pemprov DKI berhasil mencapai target 7,5 juta warga di Jakarta disuntik vaksin COVID-19 sesuai dengan permintaan Presiden Joko Widodo. Tapi itu baru dosis pertama.

Politikus Gerindra itu mengatakan, upaya ini dilakukan demi menjamin seluruh warga Jakarta mendapatkan vaksin Corona. Dengan begitu, kekebalan komunal atau herd immunity segera tercapai.

Alasan lainnya adalah sampai saat ini baru 40 persen warga KTP DKI yang bersedia disuntik vaksin Corona. Untuk itu, dia mengimbau warga agar segera mendatangi sentra vaksin terdekat.

"Bagi seluruh warga Jakarta yang belum, segera datangi sentra-sentra pelaksanaan vaksin dan tempat vaksinasi yang ada," jelasnya.

Merujuk data dari situs corona.jakarta.go.id per pukul 13.40 WIB, capaian vaksinasi COVID-19 dosis pertama di Jakarta saat ini 8.507.635. Sedangkan untuk dosis kedua 3.532.646.

Dinas Kesehatan DKI Jakarta sebelumnya menjelaskan penyebab capaian vaksinasi dosis kedua di Ibu Kota masih rendah dibanding dosis pertama. Dinkes DKI menyebut vaksinasi dosis kedua bergantung dengan jenis vaksin yang disuntikkan pada dosis pertama.

"Dosis dua ini bukan berarti lambat, tapi waktunya itu yang susah. Karena dia ada target waktu, ada yang 4 minggu, 3 bulan. Tergantung jenis vaksinnya," kata Kasi Yankes Rujukan dan Krisis Dinkes DKI Jakarta Sulung Mulia saat dimintai konfirmasi, Minggu (8/8).

Sulung menyampaikan, mayoritas warga yang sudah mendapatkan suntikan pertama pasti menjalani penyuntikan dosis kedua. Kondisi ini berbeda dengan warga yang sejak awal menolak vaksinasi Corona.

Tonton Video: Vaksinasi Keluarga di Karawang Berkerumun, Warga Antusias

[Gambas:Video 20detik]



(yld/yld)