detikcom Do Your Magic

Dulu Dihias Demi Asian Games, Kini Halte Atletik Tak Berfungsi

Athika Rahma - detikNews
Senin, 09 Agu 2021 18:35 WIB
Halte Atletik di Jl Asia Afrika, Jakarta Pusat menjadi halte usang. Halte itu saat ini tidak berfungsi dan menjadi tempat mangkal ojol.
Foto: Athika Rahma/detikcom
Jakarta -

Halte Atletik, yang terletak di Jl Asia Afrika, Jakarta Pusat, kini menjadi tempat mangkal para ojek online (ojol) yang memarkirkan kendaraannya di sekitar Plaza Senayan.

Halte ini sebenarnya adalah halte biasa yang diperbaiki dan dihias dalam rangka memeriahkan Asian Games 2018. Namun karena jarang terpakai, halte tersebut terkesan usang dan tidak terawat.

Pantauan detikcom, Senin (9/8/2021), sejak siang hingga sore hari, tidak terlihat satu pun bus yang lewat dan berhenti di halte tersebut. Salah satu petugas keamanan Plaza Senayan, Hary, mengatakan memang bus-bus sudah jarang melalui jalur ini.

"Kalau mau naik busway (TransJakarta) bisa ke depan (Halte Bundaran Senayan). Di situ nggak bisa," ujar Hary saat ditemui di lokasi.

Di lokasi, terlihat bus JA Connexion yang melintasi jalur, tapi tidak berhenti di halte Atletik. Bus ini merupakan bus yang mengantar-jemput penumpang dari Bandara Soekarno-Hatta.

Dihubungi detikcom secara terpisah, Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta Angelina Betris mengatakan halte Atletik bukan halte yang dikelola PT TransJakarta.

"Halte TransJakarta yang ada di sepanjang Jl Sudirman dan Thamrin terletak di tengah jalan/diapit oleh jalur TransJakarta. Adapun halte-halte yang di luar itu pengelolaan dan kepemilikan bukan dari TransJakarta," katanya.

Lanjutnya, ada beberapa rute bus TransJakarta yang melalui jalur tersebut. Pemberhentian rute non-BRT di sepanjang jalur tersebut adalah di bus stop atau halte-halte reguler yang sudah tersedia.

"Namun untuk saat ini di PPKM Level 4 rute yang melintas halte tersebut sementara tidak beroperasi," katanya

Halte bus Atletik di Jl Asia Afrika, Senayan Jakarta Pusat usang dan tidak terawat. Halte itu bahkan ini dijadikan tempat mangkal ojek online.Halte bus Atletik di Jl Asia Afrika, Senayan, Jakarta Pusat, usang dan tidak terawat. Halte itu bahkan ini dijadikan tempat mangkal ojek online. (Athika Rahma/detikcom)


Kondisi Halte Atletik

Diketahui, Halte Atletik di Jl Asia-Afrika depan Plaza Senayan terlihat usang dan tak terawat. Kini, halte tersebut jadi tempat mangkal para pengemudi ojek online (ojol) yang parkir liar di tepi halte.

Pantauan detikcom, Senin (9/8/2021) pukul 15.15 WIB, halte tersebut tampak penuh oleh pengemudi ojol. Mereka terlihat bersantai di sela-sela pekerjaan mengantarkan penumpang.

Perpaduan warna biru dan silver metalik pada halte ini memberikan kesan sporty, meski sayang, kesan tersebut memudar karena kurangnya pemeliharaan.

Atap halte ini terlihat kotor dan jarang mendapat perawatan, demikian pula tempat duduknya. Papan informasi yang menampilkan rute feeder busway SCBD-Senayan tertutup oleh bangunan halte.

Di samping halte, terdapat jembatan penyeberangan orang (JPO) yang berhiaskan tanaman dan bercat hijau. JPO ini membantu masyarakat yang hendak menyeberangi Jl Asia Afrika.

Tak jauh berbeda dengan halte Atletik, kondisi JPO ini kusam dan kotor. Padahal, fasilitasnya masih lengkap dan tidak ada yang rusak.

Tonton juga Video: Halte TransJ yang Rusak Akan Dioperasikan, Anies: Dibagi Dua Bagian

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)