Danau Tondano Masuk 15 Danau Prioritas Penyelamatan: Dipenuhi Eceng Gondok

Trisno Mais - detikNews
Senin, 09 Agu 2021 17:26 WIB
Danau Tondano masuk ke dalam 15 danau prioritas yang perlu diselamatkan. Danau di Sulut itu dipenuhi eceng gondok (Trisno Mais/detikcom)
Danau Tondano masuk ke dalam 15 danau prioritas yang perlu diselamatkan. Danau di Sulut itu dipenuhi eceng gondok (Trisno Mais/detikcom)
Manado -

Danau Tondano masuk 15 danau prioritas yang perlu diselamatkan. Saat ini, kondisi Danau di Sulawesi Utara (Sulut) itu dipenuhi eceng gondok.

Ketentuan itu diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 60 Tahun 2021 tentang Penyelamatan Danau Prioritas Nasional itu diteken Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 22 Juni 2021.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa menyatakan telah menindaklanjuti dengan menggelar rapat koordinasi pada Kamis (15/7) lalu. Rapat itu diikuti OPD terkait serta camat di sekitar Danau Tondano.

"Rapat koordinasi yang telah dilaksanakan menghasilkan identifikasi kegiatan-kegiatan strategi penyelamatan danau prioritas nasional Danau Tondano sesuai lampiran Perpres RI Nomor 60 Tahun 2021 baik itu kegiatan yang sudah terlaksana, yang sementara dilaksanakan dan yang akan dilaksanakan," kata Asisten II Pemkab Minahasa, Wenny Talumewo, ketika dimintai konfirmasi detikcom, Senin (9/8/2021).

Dia mengatakan rapat itu nantinya akan dilaporkan Bupati Minahasa kepada Dewan Pengarah Penyelamatan Danau Prioritas Nasional dan Gubernur Sulawesi Utara. Sekaligus juga untuk penyusunan konsep Surat Keputusan Bupati tentang Tim Penyelamatan Danau Prioritas Nasional tingkat Kabupaten Minahasa.

Saat ini Danau Tondano dipenuhi eceng gondok. Pemkab Minahasa telah mengalokasikan Rp 4 miliar untuk pengangkatan eceng gondok secara manual atau padat karya oleh masyarakat sekitar danau.

Tak hanya itu, Pemkab telah mendatangkan 4 alat berat untuk mengangkat eceng gondok di danau tersebut. Pihak Pemkab menargetkan tahun ini permasalahan eceng gondok bisa diselesaikan.

"Pemkab Minahasa sejak Januari sampai sekarang dengan empat alat berat bekerja sampai sekarang. Ditambah dengan dana Rp 4 miliar pengangkatan eceng gondok secara manual padat karya oleh masyarakat sekitar danau. Jadi asumsi kita untuk eceng gondok selesai tahun ini," kata dia.

Talumewo mengatakan penyelamatan danau akan didukung anggaran oleh pemerintah pusat dan pemerintah provinsi.

"Untuk pemerintah provinsi kalau ndak (tidak) salah mereka punya lima alat untuk mengangkat. Kemudian dalam waktu dekat ini bantuan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian PUPR ada dana Rp 25 miliar kerja sama dengan Kodam XIII Merdeka. Untuk tahun ini. Diusahakan selesai tahun ini," sebut dia.

Masalah Eceng Gondok

Sementara itu, Kepala Biro Pemerintahan Pemprov Sulut, Jemmy Kumendong, menjelaskan pihaknya bersyukur Danau Tondano menjadi perhatian pemerintah pusat.

Dia mengatakan Danau Tondani mempunyai multidimensi fungsi seperti ekonomi, pariwisata, lingkungan hidup, hingga energi. Namun, saat ini banyak terkendala oleh eceng gondok yang 'menutupi' permukaan danau ini dengan tingkat penyebaran yang sangat tinggi.

"Biaya yang dikeluarkan baik oleh Pemkab Minahasa dan Pemprov Sulut lumayan besar untuk menormalisasi dan mengatasi eceng gondok ini, namun belum cukup dan belum terkendali saat ini," kata dia.

"Ketika Danau Tondano ditetapkan sebagai prioritas pemerintah pusat tentunya akan sangat membantu dalam menormalisasi karena akan diikuti oleh pendanaan, sehingga perlu memberikan apresiasi tinggi kepada pemerintahan Jokowi yang begitu memperhatikan masyarakat Sulut," imbuh Kumendong.

Jokowi Teken Perpres 15 Danau Prioritas Nasional

Presiden Jokowi meneken Peraturan Presiden tentang Penyelamatan Danau Prioritas Nasional. Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan ditunjuk menjadi Ketua Dewan Pengarah.

Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2021 tentang Penyelamatan Danau Prioritas Nasional itu diteken Jokowi 22 Juni 2021 sebagaimana salinannya dilihat detikcom, Minggu (8/8/2021). Perpres itu menetapkan 15 danau prioritas nasional.

1. Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara
2. Danau Singkarak di Provinsi Sumatera Barat
3. Danau Maninjau di Provinsi Sumatera Barat
4. Danau Kerinci di Provinsi Jambi
5. Danau Rawa Danau di Provinsi Banten
6. Danau Rawa Pening di Provinsi Jawa Tengah
7. Danau Batur di Provinsi Bali
8. Danau Tondano di Provinsi Sulawesi Utara
9. Danau Kaskade Mahakam (Melintang, Semayang, dan Jempang) di Provinsi Kalimantan Timur
10. Danau Sentarum di Provinsi Kalimantan Barat
11. Danau Limboto di Provinsi Gorontalo
12. Danau Poso di Provinsi Sulawesi Tengah
13. Danau Tempe di Provinsi Sulawesi Selatan
14. Danau Matano di Provinsi Sulawesi Selatan
15. Danau Sentani di Provinsi Papua.

(jbr/jbr)