Andre Rosiade Bantu Modal Perantau Minang yang Idap Kaki Gajah

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Senin, 09 Agu 2021 17:00 WIB
Andre Rosiade
Foto: dok. Pribadi
Jakarta -

Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra, Andre Rosiade memberikan bantuan modal usaha kepada Agus Sofyan (33 tahun). Pria asal Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, yang kini tinggal di Kota Depok, Jawa Barat ini diketahui mengidap penyakit kaki gajah.

"Kita mengirimkan bantuan modal usaha kepada Pak Agus Sofian Rp 10 juta mudah-mudahan ini bisa membantu beliau untuk bisa membuka usaha perbaikan elektronik dan handphone sesuai bidang keahlian beliau," kata Andre dalam keterangan tertulis, Senin (9/8/2021)

Ketua Harian Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini mengatakan situasi pandemi COVID-19 membuat Agus harus kehilangan pekerjaan. Sebelumnya ia bekerja sebagai teknisi perbaikan handphone di counter milik temannya. Namun sejak dilanda COVID-19, usaha tersebut tutup.

Meski begitu, menurutnya, Agus tidak pernah berhenti berusaha. Untuk menghidupi istri dan satu anak itu kini ia menjadi penjual mainan di pinggir jalan. Dengan pendapatan rata-rata Rp 30.000 per hari, Agus kesulitan mencukupi biaya makan keluarga dan bayar kontrakan.

Tak hanya memberikan bantuan modal usaha, Andre juga memfasilitasi pembuatan kartu BPJS untuk Agus. Setelah kartu BPJS selesai, Agus bisa segera berobat ke rumah sakit UI Depok.

"Kami sudah berkonsultasi dengan Dirut Pertamedika IHC Ibu Fathema dan beliau merekomendasikan ke rumah sakit UI Depok saja. Karena Pertamedika IHC sudah bekerja sama dengan rumah sakit UI Depok dan rumah sakit tersebut tidak jauh dari rumah Pak Agus Sofian," tandasnya.

Andre menyebut kondisi penyakit kaki gajah yang diidap Agus sejak lahir kini mulai mengganggu aktivitasnya dalam berjualan. Sehingga ia membutuhkan uluran tangan dermawan untuk membantu mendapatkan mata pencaharian dan sembuh dari penyakit.

"Itu adalah langkah-langkah yang kami lakukan untuk membantu Pak Agus Sofian supaya beliau bisa kembali bekerja mendapatkan rezeki yang layak bagi keluarga. Kita fasilitasi beliau untuk pergi berobat dan harapan kita beliau bisa sembuh seperti sediakala," pungkas Ketua DPD Gerindra Sumbar itu.

(prf/ega)