detikcom Do Your Magic

Warga Ingin Jembatan Gantung Diperbaiki, DKI Akan Kaji Urgensinya Dulu

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 16 Jun 2021 20:12 WIB
Jakarta -

Warga berharap jembatan gantung berkondisi lapuk yang terletak di perbatasan Jakarta-Depok segera diperbaiki. Sebelum memutuskan perbaikan terhadap jembatan gantung itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria masih ingin mengkaji terlebih dulu apakah jembatan itu penting atau tidak.

"Dari Pemprov akan melihat dan dikaji kembali, sejauh mana urgensi jembatan tersebut," kata Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Rabu (16/6/2021).

Jembatan gantung bak film 'Indiana Jones' di Srengseng Sawah Jaksel-Depok, 16 Juni 2021. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)Jembatan gantung bak film 'Indiana Jones' di Srengseng Sawah Jaksel-Depok, 16 Juni 2021. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)

Riza menyoroti perlu adanya kajian yang lebih komprehensif terkait permintaan ini. Sebab, Pemprov DKI telah membangun jembatan lainnya yang berada di lokasi sama.

Adapun, jembatan yang dimaksud Wagub Riza ialah Jembatan Wiratman Karkasa yang berada di sisi utara permukiman. Sebagaimana diberitakan detikcom, jembatan tersebut semula juga berupa jembatan gantung reyot dan kemudian selesai diperbaiki pada 2018 silam. Jembatan itulah yang dimaksud Riza.

"Karena di sebelahnya sudah dibangun kan, kalau itu ada mau diperbaiki nanti kita akan pelajari," jelasnya.

Jembatan gantung di Srengseng Sawah Jagakarsa yang sudah diperbaiki.Jembatan gantung di Srengseng Sawah, Jagakarsa, yang sudah diperbaiki tahun 2018, bernama Jembatan Wiratman Karkasa. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)

Berdasarkan liputan detikcom Do Your Magic, jembatan gantung yang lapuk di perbatasan Jakarta-Depok ini masih digunakan warga. Soalnya, jembatan menjadi akses warga sekaligus menjadi penghubung pejalan kaki di kawasan ini.

Terletak di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, dan Depok, jembatan gantung nan lapuk ini kian memprihatinkan. Kondisi permukaan jembatan yang tidak prima membuat warga perlu berhati-hati.

Jembatan gantung bak film 'Indiana Jones' di Srengseng Sawah Jaksel-Depok, 16 Juni 2021. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)Jembatan gantung bak film 'Indiana Jones' di Srengseng Sawah Jaksel-Depok, 16 Juni 2021. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)

"Kalau mau diperbaiki, alhamdulillah. Kita setuju kalau jembatan diperbaiki, apalagi banyak warga yang lewat sini," ujar warga sekitar Marulloh (76) saat detikcom temui di sekitar jembatan, sore tadi.

Dia berharap jembatan gantung di atas Kali Ciliwung ini diperbaiki layaknya Jembatan Wiratman Karkasa, yang berada di sisi utara dari permukiman ini.

Lokasi jembatan gantung Srengseng Sawah yang ada pada jarak 500 meter ke selatan dari Jembatan Wiratman Karkasa yang sudah diperbaiki pada 2018. (Google Map)Lokasi jembatan gantung Srengseng Sawah yang ada pada jarak 500 meter ke selatan dari Jembatan Wiratman Karkasa yang sudah diperbaiki pada 2018. (Google Map)

Bila tidak ingin melewati jembatan gantung berpermukaan seng lapuk ini, warga Srengseng Sawah bisa lewat Jembatan Wiratman Karkasa yang lebih kokoh. Namun jarak antara jembatan gantung yang lapuk dan Jembatan Wiratman Karkasa itu sekitar 500 meter ke utara. Belum lagi bila tujuan warga adalah sisi selatan jembatan, maka warga perlu berjalan lagi sekitar 1 km supaya mencapai tujuan di bagian selatan jembatan gantung lapuk ini.

(dnu/dnu)