Obat Hati SBY Ditinggal Bu Ani Lewat Coretan di Kanvas Putih

Tim detikcom - detikNews
Senin, 09 Agu 2021 06:18 WIB
Lukisan SBY berjudul Debur Ombak Di Pantai Pacitan
SBY (Foto: (Dok. Jansen Sitindaon)
Jakarta -

Kepergian sang istri tercinta, Ani Yudhoyono, masih membekas di hati Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono. SBY, sapaan Susilo, mencoba berdamai dengan hati lewat coretan di kanvas putih.

Aktivitas melukis SBY terungkap setelah salah satu elite Partai Demokrat mengunggahkan ke media sosial. Lukisan SBY yang diunggah berjudul 'Debur Ombak di Pantai Pacitan'.

"Fresh dari studio beliau. Lukisan terbaru pak SBY pagi ini. Saya tanya uda Ossy apa judulnya 'Debur Ombak Di Pantai Pacitan'. Acrylic, 60X90 cm. Sebenarnya ini masih 'trial' memakai kanvas dan kuas jenis baru (Winsor & Newton type Professional Galeria)," kata Jansen Sitindaon, orang Demokrat.

Berdiri di samping karya lukisannya, SBY tampil bak pelukis sejatinya. SBY memakai flat cap dengan setelan hitam abu-abu.

Cerita di Balik SBY Melukis

Wasekjen Partai Demokrat Ossy Dermawan, Minggu (8/8/2021), menyebut SBY menerapkan prokes secara ketat dan sangat membatasi kegiatan di luar serta penerimaan tamu di kediaman Cikeas. SBY mengisinya dengan hobi dan passion yang dimiliki.

Ossy menyebut SBY menciptakan lagu 'Cahaya Dalam Kegelapan' yang berisi dorongan semangat dan optimisme dalam menghadapi pandemi pada April 2020. Keinginan melukis SBY tebersit pada Mei 2021.

"Sekitar akhir Mei 2021, beliau berkeinginan untuk mengasah kembali kemampuannya untuk melukis. Melukis sangat digemarinya dulu saat bersekolah di SMP dan SMA di Pacitan. Kegiatan ini diyakini beliau adalah kegiatan yang sangat positif dalam rangka healing process atas rasa kehilangan mendalam atas almarhumah istri tercinta," kata Ossy.

Inspirasi SBY dalam melukis dijelaskan Ossy. Jepretan almarhumah Ani Yudhoyono termasuk salah satunya.

"Terkadang foto hasil jepretan almarhumah juga menjadi ilhamnya dalam melukis. Beliau merasa melukis dapat membuatnya untuk berdamai dengan hati. Kegiatan ini juga sangat sesuai dengan anjuran pemerintah untuk PPKM sehingga beliau tetap dapat beraktivitas di rumah," kata Ossy.

Lukisan SBY ini disebut masih merupakan hasil latihan. Ossy menyatakan SBY ingin meningkatkan kemampuannya bermain kuas dan beradaptasi dengan cat akrilik dan kanvas. Meski demikian, SBY disebut masih memerhatikan perkembangan dunia dan nasional lewat siaran televisi.

"Tentu saja beliau juga tetap memperhatikan perkembangan dunia serta perkembangan nasional melalui TV yang beliau tonton di sela kegiatan beliau," kata Ossy.

Simak video 'Di Balik Lukisan Karya SBY yang Tuai Pujian':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/lir)