50 Juta Penduduk di RI Sudah Divaksin Dosis Pertama, Ini Rinciannya

Khoirul Anam - detikNews
Senin, 09 Agu 2021 08:40 WIB
Di RS Islam (RSI) Jemursari Surabaya, vaksinasi digelar hari ini dan Sabtu (9/8). Ada 132 nakes yang mendapat jadwal untuk menjalani vaksinasi hari ini dan besok. Sedangkan total nakes di RSI Jemursari ada 867 orang.
Foto: Esti Widiyana/detikcom
Jakarta -

Pemerintah menyampaikan apresiasi terhadap masyarakat yang telah mendapatkan vaksinasi COVID-19. Per Minggu (8/8/2021), lebih dari 50 juta masyarakat telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama.

"Hari ini sudah ada 50 juta lebih rakyat Indonesia yang telah divaksinasi dosis pertama. Jumlah tersebut kurang lebih setara dengan 24% dari sasaran vaksinasi yang sebesar 208,2 juta orang. Kemudian dari 50 juta orang tersebut, 23,7 juta di antaranya sudah mendapatkan vaksinasi penuh atau dosis atau setara dengan 11,4%," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, dilansir dari laman covid19.go.id, Senin (9/8/2021).

Ia menambahkan, percepatan vaksinasi terus dilakukan oleh pemerintah melalui kerja sama dengan seluruh elemen masyarakat, seperti swasta dan komunitas. Adapun menurut data per 8 Agustus, perlu ada percepatan vaksinasi untuk kelompok lansia. Diketahui baru 22,8% lansia mendapatkan vaksinasi dosis pertama dari sasaran vaksinasi kelompok lansia.

Johnny juga menjelaskan, untuk kelompok lain, seperti tenaga kesehatan dan petugas publik, sudah mencapai 100% yang divaksinasi dosis pertama, Bahkan, kata dia, untuk dosis kedua, sebanyak 99,6% nakes telah mendapatkan vaksinasi.

"Dan saat ini sedang dilaksanakan dosis ketiga untuk nakes sebagai upaya melindungi mereka yang sedang berjuang melawan pandemi," kata Johnny.

Sementara itu, untuk kelompok masyarakat rentan dan umum sudah terdapat lebih dari 15 juta orang atau 10,7% dari sasaran kelompok tersebut yang divaksinasi dosis pertama. Sedangkan kelompok remaja (12-17 tahun) sudah 8,8% atau 2,3 juta dari sasaran vaksinasi kelompok tersebut yang telah divaksinasi dosis pertama.

(akn/ega)