Pangdam Jaya Berencana Siapkan Tempat Vaksinasi COVID Khusus Pemilik Komorbid

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Minggu, 08 Agu 2021 14:54 WIB
Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji meninjau vaksinasi COVID-19 massal di The Springs Club Summarecon, Serpong, Tangerang, Minggu (8/8/2021).
Foto: Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji meninjau vaksinasi COVID-19 massal di The Springs Club Summarecon, Serpong, Tangerang. (Rakha/detikcom)
Tangerang -

Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji meninjau vaksinasi COVID-19 untuk warga yang memiliki penyakit penyerta selain penyakit utama (komorbid) dan umum di Serpong, Tangerang. Mayjen Mulyo berencana menyiapkan tempat vaksinasi Corona khusus untuk warga yang memiliki komorbid.

Vaksinasi COVID-19 massal itu digelar di The Springs Club Summarecon, Serpong, Minggu (8/8/2021). Ada 1.300 orang yang mendaftar, di mana 700 di antaranya adalah penderita kanker.

"Pagi ini bagi saya adalah sesuatu hal yang luar biasa. Sebanyak 700 orang itu adalah pasien kanker yang berani datang ke sini untuk melaksanakan vaksin," ujar Mulyo kepada wartawan, Minggu (8/8/2021).

"Kenapa saya sampaikan ini berani? Karena beliau-beliau yang ke sini yang notabene punya penyakit kanker komorbid," lanjutnya.

Mulyo berencana menyiapkan tempat vaksinasi Corona khusus untuk warga yang memiliki komorbid. Rencananya, lokasinya berada di DKI dan sekitarnya.

"Barang kali kalau saya boleh berpikir bahwa ke depan, ini rekan-rekan atau saudara-saudara kita yang komorbid atau kena kanker, coba nanti kita akan siapkan tempat yang barang kali lebih enak untuk bisa beliau-beliau datang, untuk melaksanakan kegiatan vaksin di lingkungan DKI dan sekitarnya," ucap Mulyo.

Lebih lanjut, Mulyo menyebut penderita kanker termasuk golongan yang rentan tertular Corona. Dia mengajak para penderita kanker untuk menjalani vaksinasi COVID-19 di Tangerang ini.

"Kalau tadi dilihat yang pakai kartu merah itu mereka yang kena kanker, yang terpisah. Mereka adalah rentan terhadap COVID-19. Maka, jumlah yang sampai 700 pendaftar ini luar biasa, sampai dari Bogor saja datangnya ke sini hanya untuk vaksin," tuturnya.

"Maka dari itu, kami sampaikan bagi rekan-rekan yang akan vaksin, punya masalah tentang kesehatan, kanker, silakan datang ke sini," sambung jebolan Akademi Militer (Akmil) 1987 itu.

Selain itu, Mayjen Mulyo juga menyinggung soal target vaksinasi di DKI Jakarta yang saat ini sudah mencapai 90%.

"Jadi di Kodam Jaya itu meliputi Tangerang, Bekasi dengan Depok. (Vaksinasi) yang Tangerang itu masuk ke (Pemprov Banten). Bekasi dengan Depok itu masuk (Pemprov) Jawa Barat. Nah Jakarta sendiri itu sudah 90%-an sekian. Kalau yang di luar dari ini masih belum," ungkap Mulyo.

(zak/zak)